Kebutuhan Dokter Spesialis di Kalteng Perlu Mendapat Perhatian

679e9841 8bcf 4926 9010 84a45eea62c1
Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Duwel Rawing

, – Anggota Komisi III , Duwel Rawing mengatakan, kebutuhan akan dokter spesialis di wilayah Kalteng ini perlu menjadi perhatian Pemda untuk memenuhinya.

Disebutkannya, keberadaan dokter spesialis sangat penting ada disetiap rumah sakit utamanya rumah sakit umum daerah (RSUD), karena saat ini RSUD yang ada di wilayah Kalteng ini masih banyak kekurangan dokter spesialis khususnya spesialis penyakit dalam.

“Dokter spesialis di setiap rumah sakit itu utamanya RSUD keberadaannya harus memadai. Jangan hanya terdapat 1 atau 2 dokter saja karena keberadaan dokter spesialis ini sangat penting ada disetiap rumah sakit,” ucapnya baru-baru ini.

ADE S

Mantan Bupati ini menjelaskan, pentingnya keberadaan dokter spesialis ini agar masyarakat yang memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan dokter spesialis bisa ditangani dengan baik.

“Banyak masyarakat yang memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan dokter spesialis utamanya penyakit dalam berobat keluar provinsi akibat di Kalteng kurang. Ini tentu sangat merugikan bagi daerah dan masyarakat itu sendiri,” katanya.

Kerugian yang didapatkan daerah, kata Duwel, yakni berpengaruh terhadap pendapatan daerah dari bidang , padahal pendapatan ini diperlukan untuk pada bidang kesehatan itu sendiri.

“Misalnya saja berobat keluar provinsi atau luar negeri, itu biayanya sangat mahal baik dari segi biaya sehari-hari selama berobat maupun biaya berobatnya. Sehingga, pemenuhan dokter spesialis ini di Kalteng harus bisa menjadi perhatian serius pemda,” demikian Duwel. (asp)