83 Persen Casis Polda Kalteng Putra Daerah

4ac78e4c 3b12 4e47 963c 3e23c0c91d35
Karo SDM Polda Kalteng Kombes Pol Ivan Adithyas

, PALANGKA RAYA memastikan terus menambah kesempatan bagi putra puteri Kalimantan Tengah untuk bisa berkiprah dan bergabung menjadi anggota .

Hal ini ditegaskan Irjen Pol Nanang Avianto melalui Karo SDM Kombes Pol Ivan Adithyas, Senin (24/7/2023).

Ia mengatakan jika pemenuhan terhadap putra putri daerah dam rekrutmen Polri terus diutamakan setiap tahun. Seperti halnya rekrutmen terbaru yang menyerap 83 persen putra daerah, sedangkan 17 persen lainnya warga pendatang.

“Dari 660 lulus terpilih dalam rekrutmen terbaru kemarin, 83 persen adalah putera daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, pemenuhan terhadap personel Polri di wilayah Polda Kalimantan Tengah terus digenjot mengingat kurangnya personel dengan luasan wilayah yang ada.

Sejauh ini, jumlah personel hanya berkisar 43 persen dari total luas wilayah, dimana penambahan personel baru setiap tahunnya hanya berkisar 700 orang. Jika dihitung, maka jumlah personel ideal Polda Kalteng membutuhkan waktu 13 tahun.

ADE S

“Ini disebabkan setiap tahun pasti ada personel yang pensiun, sehingga penambahan personel baru setiap tahunnya hanya berkisar 600 orang,” ungkapnya.

Meski begitu, Ivan menerangkan jika upaya penambahan kuota terhadap rekrutmen personel terus diupayakan dan ditambah oleh Mabes Polri. Berbagai persiapan tentunya juga sudah dilakukan Polda Kalteng untuk bisa menampung casis yang akan datang.

“Pak Kapolda terus berupaya meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana di SPN Tjilik Riwut, sehingga nantinya jika ada kembali penambahan kuota rekrutmen bisa memadai,” tuturnya.

Untuk itu, Ivan mengajak kepada seluruh pemuda pemudi di seluruh penjuru Kalteng untuk bisa bersiap diri dan berlatih menjelang pendaftaran tahun mendatang. Selama umur mencukupi dan kriteria terpenuhi maka silakan untuk mendaftar.

“Tes , Brigadir maupun Tamtama tidak dipungut biaya. Seluruh tes itemnya dilakukan transparan dan menggunakan IT. Mari bersiap dan berlatih, kami tunggu di pendaftaran selanjutnya,” pungkasnya. (yud)