Pameran Seni Rupa Jadi Ajang Perkenalkan Budaya Kalteng

5465b3b9 1698 40ae 9f6d c18bd0e8a253
Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Muhajirin saat memotong pita tanda Pembukaan Pameran Seni Rupa PEKAT, Kamis (27/7/2023)

, – Dalam upaya melestarikan budaya yang ada di Kalimantan Tengah, serta menciptakan berbagai program dan kegiatan yang dapat memperdayakan para seniman muda agar dapat terus berkarya dan mengembangkan bakat, melalui anggota dan Komunitas Budaya yang tergabung dalan Komite Seni dan Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng, melaksanakan kegiatan Pameran Seni Rupa Perupa Kalimantan Tengah (Pekat) yang digelar di Gedung Pameran pada tanggal 27 Juli hingga 02 Agustus 2023 mendatang.

Adapun dalam sambutannya sekaligus membuka pameran, Anggota Provinsi Kalteng, Muhajirin mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh perupa yang hadir untuk bersama-sama merayakan perjalanan panjang KSBN selama tiga tahun terakhir dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan nusantara di tanah Kalteng.

“Tentunya dalam tiga tahun terakhir KSBN Provinsi Kalimantan Tengah telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam menjaga keberagaman budaya kesenian dan warisan leluhur, terlebih lagi ini kita berharap para seniman, budayawan dan yang terlibat agar melalui momentum ini untuk lebih memperkuat sinergi antar anggota, serta mampu meningkatkan partisipasi masyarakat,” ucapnya, Kamis (27/7/2023).

ADE S

Sementara itu, Ketua Panitia, Dede Stefanus dalam laporannya menyampaikan, Pameran Seni Rupa Perupa Kalimantan Tengah atau Pekat merupakan ajang yang diselenggarakan untuk kedua kalinya, dengan tujuan untuk merayakan keindahan seni rupa serta memberikan kesempatan kepada para perupa untuk mengeksplorasi kreativitas serta merupakan suatu rangkaian dari kegiatan HUT yang ke-3.

“Dengan tema yang diusung adalah “Exploration of Art” yang mengekspresikan semangat eksplorasi untuk terus menerus dilakukan oleh para perupa dan menghasilkan karya dan beragam, serta melalui event ini bisa memperkaya pengalaman seni setiap penikmat seni rupa mengekspresikan dan memberikan pikiran positif, serta memberikan wawasan baru tentang seni rupa,” tambahnya.

Lebih lanjut Ketua Umum DPW KSBN Provinsi Kalteng, Natalia menambakan, bahwa kegiatan semacam ini sangatlah bagus dilaksanakan, karena ini akan mampu memperkenalkan budaya yang ada di Kalimantan Tengah sehingga bisa dikenal hingga keluar daerah.

“Tidak hanya itu, dengan acara seperti ini tentunya akan menjadi salah satu ajang para seniman bisa menunjukan hasil serta kemampuan yang mereka miliki dan ini membuktikan kalau kita Kalimantan Tengah memiliki para seniman serta yang sangat luar biasa dan bisa lebih dikenal orang banyak,” ungkapnya. (udi)