Dekranasda Kalteng Komitmen Ciptakan Pengrajin yang Handal

5d90df3f 2346 4b13 b356 8ed6f64f8a71

, PALANGKA RAYA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah () konsisten menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan tradisi dan warisan budaya. Termasuk membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing.

Wakil Ketua Harian I , Nunu Andriani mewakili Ketua Dekranasda Kalteng, mengatakan, Dekranasda merupakan lembaga mitra pemerintah yang membina para pengrajin untuk mendukung kemandirian para pengrajin sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah.

ADE S

“Dekranasda sebagai mitra pemerintah selalu berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya khas Kalimantan Tengah,” katanya di dalam sambutan.

Hal itu disampaikan Nunu Andriani Edy Pratowo pada Perayaan Hari Jadi Ke-4 Central Borneo Souvenir dan Penyerahan Hadiah Event Juli 2023 di Halaman Gedung Dekranasda Provinsi Kalteng, Sabtu (29/7/2023) malam.

Selain wadah produktivitas para pelaku dan pengrajin, Dekranasda, ungkap Nunu, adalah tempat menyiapkan regenerasi sumber daya manusia pengrajin yang unggul agar bisa menguasai pasar dan menghadapi tantangan ke depan.

“Tantangan yang dihadapi beragam dan kompleks, dibutuhkan kreativitas, inovasi, adaptasi memenuhi pasar yang selalu berubah seiring dengan kemajuan,” ujarnya.

Dekranasda Kalteng, menurut Nunu, sejak diresmikan pada 15 Juli 2019 oleh Mufidah Jusuf Kala, menjadi wadah penunjang di Kalteng, di mana para wisatawan berkunjung datang dan berbelanja produk khas Kalteng.

“Ada 100 pengrajin yang menjadi mitra Central Borneo Souvenir,” sebutnya.

Nunu juga menambahkan, Dekranasda berterima kasih atas dukungan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan OPD terkait yang selama ini mendukung penuh Dekranasda dalam pengembangan UMKM.

“Terima kasih Bapak Gubernur dan instansi terkait yang selalu mendukung event-event yang digelar,” tandasnya. (asp)