Rektor: Siapa Saja Dapat Berkuliah di UMPR

e2e35c83 15c0 4396 9573 794f7e47012f
Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, H. Muhammad saat menggelar Coffee Morning bersama dengan awak media di Palangka Raya

, – Rektor Universitas Palangka Raya (), H. Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa, siapapun dapat berkuliah di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, termasuk tidak hanya yang beragama Islam saja tetapi juga untuk agama yang lain.

Hal itu disampaikan Yusuf pada kegiatan Coffee Morning bersama dengan para awak media yang ada di Kota Palangka Raya, di Cafe Academy, komplek kampus I UMPR Palangka Raya, Senin (7/8/2023).

“Prinsipnya kegiatan ini adalah kita meminta bantuan kepada kawan-kawan media untuk menyebar luaskan informasi bahwa kampus UMPR itu membuka kesempatan bagi semua masyarakat yang ingin berkuliah,” kata Yusuf.

Selain membuka siapa saja bisa berkuliah di UMPR, Rektor juga menuturkan apabila ada warga Kalteng yang kurang dalam masalah pendanaan itu bisa dicari solusinya bersama-sama.

“Selain pengurangan biaya kuliah menjadi setengah dari yang seharusnya, kita juga akan membantu untuk mengkoordinasikan baik itu dengan Pemerintah Kabupaten/kota hingga Provinsi,” ucapnya.

Lanjut Yusuf, salah satu program UMPR adalah pola perkuliahan yang memungkinkan bagi seseorang yang telah bekerja untuk dapat berkuliah. Yakni dengan memanfaatkan saat ini, sehingga perkuliahan bisa dilaksanakan secara daring.

“Jadi para mahasiswa tidak selalu harus datang ke kampus setiap saat serta dapat diikuti bahkan dari wilayah yang jauh sekalipun misalnya di pedesaan. Hal itu akan mempermudah bagi calon mahasiswa dalam hal biaya, karena dapat memangkas ongkos tinggal hingga bagi mereka yang berasal dari kabupaten-kabupaten di Kalteng,” jelasnya.

Selain itu, sambung Yusuf, nantinya akan ada dosen-dosen yang aktif datang ke kabupaten-kabupaten tempat mahasiswa di luar Palangka Raya untuk bertemu dengan mereka.

“Selain iitu, UMPR untuk penerimaan Tahun ini kita tidak memungut biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Cukup fotocopy ijazah, KTP, KK itu kemudian untuk datanya kita upload ke Kementerian,” tandasnya.

Diketahui, untuk pendaftaran mahasiswa baru UMPR Tahun 2023 telah dibuka pada Bulan Juni lalu, dan akan dibuka hingga Bulan September mendatang. Bagi calon mahasiswa baru bisa datang langsung ke kampus Muhammadiyah atau bisa secara online. (asp)