O2SN dan GSI Tingkat Provinsi Kalteng 2023 Resmi Digelar

3f338fc5 1a15 4a5d 875a 02ea97a302bf

, – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan Gala Siswa Indonesia (GSI) Jenjang SMP Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Staf Ahli (Sahli) Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi, Senin (7/8/2023) malam.

Pembukaan tersebut digelar di AZ Mini Soccer Palangka Raya. Dan kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Provinsi Kalimantan Tengah () melalui Bidang Pembinaan SMA.

Di dalam sambutannya, Suhaemi mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah momentum yang sangat penting dan strategis dalam menunjang pembangunan sumber daya manusia (SDM) di wilayah Kalteng yang Makin Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (Berkah).

“Ini luar biasa, mudah-mudahan ini bisa setiap tahun dilaksanakan dan ditingkatkan lagi,” ucap Suhaemi.

Ia menyebutkan, bahwa Profil Pelajar Pancasila berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, yaitu perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama yakni Beriman, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

“Saya mengimbau kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng agar selalu membuat kegiatan yang sifatnya melakukan terobosan dan ide-ide positif sebagai upaya untuk pengembangan prestasi dan karakter peserta didik dalam rangka meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan pembentukan kepribadian yang bermoral dan religius,” imbuhnya.

Plt. Kadisdik Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Agustus 2023, dengan peserta kegiatan berjumlah 714 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terpilihnya pemain muda yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang olahraga, baik tingkat nasional maupun sebagai upaya mengembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter, tertanamnya nilai-nilai olahraga pada diri peserta didik, menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta sebagai ajang kompetisi, menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik di seluruh Kalimantan Tengah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Safrudin dalam laporannya menambahkan, kegiatan O2SN Jenjang SMA/MA Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023, salah satunya bertujuan sebagai upaya penguatan bagi peserta didik.

“Adapun peserta kegiatan O2SN dan GSI bagi para Pelajar Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023 adalah peserta didik jenjang pendidikan menengah yaitu peserta didik Jenjang SD/MI sebanyak 168 orang, SMP/MTs sebanyak 140 orang, SMA/MA sebanyak 140 dan peserta Gala Siswa sebanyak 252 orang,” tandasnya. (asp)