Peran Aktif Masyarakat Kunci dalam Upaya Pencegahan Karhutla

WhatsApp Image 2023 08 21 at 11.50.49 AM
Anggota Relawan PKS, H. Heru Hidayat

BALANGANEWS, – Pencegahan hutan dan lahan yang ada di Kalimantan Tengah, menjadi tanggung jawab kita bersama.

Terlebih lagi dalam sepekan belakangan ini, intensitas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Palangka Raya meningkat.

Dengan adanya kejadian ini, membuat kewaspadaan dan perhatian para pihak untuk melakukan pemadaman dan juga membatasi agar tidak terjadi perluasan area yang terdampak kebakaran.

Pihak dan regu pemadam telah melakukan berbagai upaya, namun kondisinya masih sangat terbatas dan kondisi air yang menjadi kendala di beberapa lokasi pemadaman kawasan hutan dan lahan.

BMKG perkiraan terjadinya yang lebih ekstrem di berbagai wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut tokoh pemuda Kalimantan Tengah, H mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan pihak pemerintah dan lainnya dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Namun upaya tersebut tidak akan maksimal apabila tidak menjadi kesadaran dan kerja sama semua pihak termasuk peran serta masyarakat,” ucapnya, Senin (21/8/2023).

Oleh karena itu, Heru yang juga aktivis ini mengimbau semua elemen masyarakat baik tokoh agama, adat, perempuan, pemuda dan jejaring komunitas agar bersama-sama para pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali.

“Selain itu juga mengingatkan dampak yang berbahaya dan jangka panjang adalah dan kesulitan akses moda transportasi sehingga secara ekonomi dapat menimbulkan kendala,” tambahnya.

Pengalaman tahun 2015, 2017 dan 2019 mempengaruhi berbagai sektor termasuk pendidikan, proses belajar mengajar menjadi terganggu.

“Kita belajar dari pengalaman, akibat kebakaran hutan dan lahan, menyebabkan semua sektor kehidupan terganggu, dan harapannya tidak akan terjadi kembali di Kalimantan Tengah,” lanjut Heru yang juga anggota Relawan ini.

Pada musim kemarau ini agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan sembarangan yang berpotensi menimbulkan Karhutla yang berakibat asap tebal dan terganggunya semua sektor kehidupan.

“Dengan adanya imbauan ini diharapkan masyarakat dan semua pihak dapat saling bekerja sama dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko bencana kebakaran hutan dan lahan di Kota Palangka Raya,” ungkapnya. (udi)