Gubernur Kalteng Tinjau Progres Pembangunan Bundaran Besar

WhatsApp Image 2023 08 30 at 4.12.08 PM

, PALANGKA RAYA – Kalimantan Tengah () H. dan Wakil (Wagub) H. Edy Pratowo serta Sekretaris Daerah (Sekda) H. Nuryakin melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Bundaran Besar di Kota Palangka Raya.

Gubernur, Wagub, dan Sekda Kalteng tampak didampingi Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng. Pembangunan dan renovasi Bundaran Besar ini adalah inisiasi dari Gubernur Kalteng.

Di samping pembangunan di sektor strategis, Pemprov Kalteng membangun dan merenovasi bangunan-bangunan monumental dan bersejarah, di antaranya , , serta Jembatan Kahayan dan sekitarnya yang dilengkapi dengan pembangunan Water Front City.

Bangunan-bangunan landmark ikonik ini ditargetkan selesai dan diresmikan akhir tahun 2023. Alasan membangun bangunan ikonik di Kota Palangka Raya ini agar Kalteng sebagai provinsi yang beririsan dengan Ibu Kota Negara Nusantara betul-betul mampu menjadi Penyangga IKN dari segala sektor.

“Membangun ikon di Kota Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalteng dinilai penting karena Palangka Raya gerbang dan wajah dari Provinsi Kalteng,” ucap Sugianto Sabran baru-baru ini.

Bangunan-bangunan ikonik dan bersejarah yang ada saat ini dinilai belum mampu menjadi daya tarik dan daya pikat karena hanya sekadar bangunan tanpa disertai sentuhan-sentuhan artistik yang modern, sehingga bisa dianggap hanya sebagai bangunan statis yang tidak memiliki dampak kepada sektor lain, seperti dan kreatif.

“Bundaran Besar berdasarkan sejarahnya merupakan satu kesatuan dengan tugu peletakan batu pertama Kota Palangka Raya. Letak Bundaran Besar pada sumbu atau jantung Ibukota Provinsi Kalteng, Palangka Raya,” pungkasnya.

Adapun Bundaran Besar memiliki luas tapak sekitar 1,75 hektare, dengan kondisi tapak berada di tengah kota dan menjadi pusat pertemuan persimpangan dari 6 jalan. (asp)