Disbun Kalteng Maksimal Upaya Antisipasi Karhutla di Perkebunan

WhatsApp Image 2023 09 04 at 7.11.02 PM (1)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya Hutan dan Lahan (Karhutla) terkhusus di area , Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi , H. Rizky Badjuri meminta kepada Brigade dan Kebun (Karlanbun) serta Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) untuk meningkatkan efektivitas dan keberadaan mereka dalam menghadapi Karlanbun.

Karena seperti yang diketahui, 2023 diprediksi akan terjadi sebagai dampak dari El Nino Lemah. Berdasarkan data Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya, wilayah sebagian besar Provinsi Kalimantan Tengah diperkirakan akan mengalami curah hujan di bawah normal atau bulan kering pada bulan September dan Oktober 2023.

Sehingga terkiat dengan hal itu, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng meminta Brigade Karlanbun dan Kelompok Tani Peduli Api bersama dengan sarana dan prasarana yang tersedia untuk bekerja sama secara maksimal di wilayah kerja mereka.

“Bersama ini diminta kerjasama saudara untuk hal-hal sebagai berikut, yang pertama mengefektifkan dan memaksimalkan keberadaan Brigade Karlanbun dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) beserta sarana dan prasarana yang tersedia di wilayah kerja saudara,” ucap Rizky, Senin (4/9/2023).

Selain itu, Ia juga mendorong pemantauan, pengawasan, dan koordinasi antara perusahaan-perusahaan perkebunan () dengan tujuan mengantisipasi, mengendalikan, dan menanggulangi potensi bencana Karlanbun baik di dalam maupun di sekitar areal PBS.

“Dengan langkah-langkah ini, Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah berharap dapat meminimalisir dampak Karlanbun yang mungkin terjadi selama musim kemarau 2023,” demikian Rizky. (asp)