Dewan Nilai PDU Dapat Kurangi Volume Sampah di Palangka Raya

WhatsApp Image 2023 09 12 at 8.40.31 PM
Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

BALANGANEWS, – Ketua Palangka Raya, , mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) setempat yang telah membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah.

Hal tersebut dinilai dapat mengurangi volume sampah yang sejauh ini masih menjadi permasalahan bagi pemerintah.

“Dengan adanya PDU sampah, menjadi salah satu langkah tepat untuk mengurangi sampah yang disetor ke tempat pembuangan akhir atau TPA sampah,” katanya, Jum’at (25/8/2023).

Dijelaskannya, dengan adanya PDU sampah tersebut diharapkan bisa menjadi tempat edukasi masyarakat.

Selain itu keberadaan PDU sampah bisa menjadi daya agar masyarakat tidak terus membuang sampah secara sembarangan.

“Malah menjadi berkah manakala warga bisa memilah atau memilih mana saja dan apa saja sampah yang bisa untuk didaur ulang,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Kalteng ini berharap, dengan adanya pusat daur ulang sampah, masyarakat Kota Palangka Raya bisa mulai aktif dalam melakukan daur ulang sampah, termasuk memanfaatkan sampah untuk pupuk.

“Contohnya sampah sisa makanan bisa menjadi hal positif karena bisa dijadikan kompos. Sementara sampah-sampah plastik bisa dikumpulkan dan dapat disetor ke PDU atau juga bank sampah, karena dengan begitu kita sudah mengurangi tumpukan sampah di TPA setiap harinya,” ujarnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya telah membangun PDU sampah di Jalan Wortel Kota Palangka Raya. Dalam pembangunan itu diharapkan sampah-sampah bisa dioptimalkan dalam pengelolaannya dan bisa menjadi berkah bagi warga sekitar. (oje)