Sekda: ASN Harus Menjadi Teladan Membumikan Ideologi Pancasila

WhatsApp Image 2023 09 14 at 6.47.01 PM

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi , H. menghadiri kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif (PIP-PEN) yang diselenggarakan di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini digelar pada 12-13 September 2023. Para peserta terdiri dari Pejabat Eselon 1 atau Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian/Lembaga, Sekretaris Daerah Provinsi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua Lembaga , Pimpinan Partai Politik, dan Kadin.

, Nuryakin menuturkan bahwa, tantangan yang cukup kompleks yang dimulai dari dinamika perubahan yang kian cepat dan ditandai dengan ketidakpastian atau VUCA (Volatility, Uncertainly, Complexity dan Ambiguity) serta lahirnya generasi-generasi baru yang memiliki karakter berbeda-beda.

“Hal ini diperlukan strategi khusus dalam upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa, oleh karena itu Aparatur Sipil Negara atau harus menjadi benteng utama dan teladan dalam membumikan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.

Lebih lanjut Nuryakin mengatakan, setelah mengikuti kegiatan pembinaan ideologi Pancasila ini tentu ada tindak lanjut dalam penerapannya di instansi atau institusi masing-masing.

“Selesai mengikuti kegiatan ini nanti hasilnya akan saya laporkan kepada Bapak Gubernur untuk sama-sama merumuskan implementasi penanaman nilai-nilai Pancasila khususnya dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Saya meyakini, jika setiap ASN telah membumikan nilai-nilai Pancasila itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tentu tidak akan ada penyimpangan-penyimpangan yang akan terjadi, dan ASN harus menjadi teladan dan benteng utama dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya. (asp)