Dukcapil Diminta Prioritaskan Layanan Adminduk Korban Kebakaran

WhatsApp Image 2023 09 19 at 10.29.31 AM
Anggota DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah

, – Anggota Palangka Raya, Rusdiansyah meminta Dinas Dukcapil memprioritaskan layanan administrasi kependudukan bagi warga yang menjadi korban di .

Dia mengatakan kepemilikan dokumen baik itu kartu tanda penduduk (KTP), Kartu (KK), kartu dan lainnya, sangat penting bagi masyarakat.

Pasalnya dokumen tersebut digunakan untuk mendapatkan layanan dari pemerintah untuk berbagai kepentingan.

“Hampir semua urusan, baik untuk sekolah, perbankan, masuk kerja, bahkan untuk bisa mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah, wajib menunjukkan kartu identitas kependudukan. Jadi mohon agar diutamakan,” katanya, Selasa, (19/9/2023).

Menurutnya dengan segera memiliki dokumen pengganti yang hangus terbakar pada musibah beberapa hari yang lalu akan memudahkan warga terdampak tersebut mendapat layanan.

Layanan prioritas data kependudukan bagi para itu kata dia, seperti pencetakan ulang kartu keluarga dan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, KK, serta kartu identitas anak (KIA).

“Dokumen dan arsip di Dukcapil biasanya sudah tersimpan dalam data base, mudah saja mencari berkas tersebut. Kami juga minta Lurah Camat agar mendata warganya agar dapat segera diurus dokumen-dokumen,” pungkasnya. (oje)