Staf Ahli Gubernur Apresiasi Satgas Pangan-TPID Kendalikan Inflasi

Whatsapp Image 2023 09 25 At 5.32.40 Pm
Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko (Foto: MMC Kalteng)

, – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, hadiri rapat koordinasi (rakor) pengendalian tahun 2023 secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (25/9/2023).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, dan juga oleh pimpinan daerah di Indonesia.

Yuas Elko usai menghadiri rapat memberikan mengapresiasi kepada Tim dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng beserta stakeholders terkait yang sudah maksimal melakukan upaya pengendalian inflasi di Kalteng.

“Dalam tiga bulan terakhir ini inflasi kita aman terkendali, meskipun begitu kita harus tetap waspada karena lonjakan inflasi bisa saja terjadi akibat kenaikan harga beras,” ungkapnya singkat.

Sementara itu, dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, situasi di dunia saat ini masih sangat dinamis dan inflasi masih terjadi di beberapa negara besar, salah satunya Amerika Serikat.

“Di Amerika Serikat, mereka menaikkan suku bunga federalnya untuk mengendalikan inflasi, yang mereka targetkan bisa dikendalikan, namun sampai hari ini masih kesulitan,” ujarnya.

Sambung Tito, beberapa negara lain di Eropa juga mengalami inflasi bahkan resesi, dan negara-negara Uni Soviet sudah membatasi , tidak hanya gas, tetapi juga solar diesel dan bensin.

“Sedangkan di negara kita, di samping Bank Indonesia melakukan pengendalian, memonitoring suku bunga dan menjaga nilai tukar rupiah terhadap dollar, kita juga melakukan pengendalian skala mikro seperti covid-19, yaitu setiap daerah mengendalikan inflasi daerahnya masing-masing dengan berbagai instrumen yang ada, ditambah dukungan dari Pemerintah Pusat,” tandasnya. (asp)