Peringatan Hantaru ke-63 di Kalteng: Kolaborasi untuk Indonesia Maju

Whatsapp Image 2023 09 25 At 7.44.21 Pm
Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala ATR/BPN Provinsi Kalteng, Elijas B. Tjahajadi didampingi istri dalam rangka peringatan Hantaru ke 63 tahun 2023

, – Kantor Wilayah dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi menggelar upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-63, Senin (25/9/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Elijas B. Tjahajadi.

Peringatan Hantaru ke-63 ini mengusung tema Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju. Pada kesempatan itu, Elijas mengatakan, tema tersebut bermakna bahwa dalam menjalankan program-programnya, tidak dapat bergerak sendiri.

“Perlu dibangun sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait sehingga dapat memberikan manfaat terbaik kepada masyarakat,” ujarnya saat membacakan sambutan tertulis .

Ia menjelaskan, salah satu bentuk implementasi perwujudan partisipasi masyarakat adalah melalui pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

GTRA merupakan kelembagaan yang anggotanya terdiri atas lintas sektor seperti , bahkan juga melibatkan akademisi dan masyarakat, termasuk di Kalteng sendiri.

“Jadi kolaborasinya ada di reforma agraria, untuk mempercepat mekanisme dari pada pendaftaran tanah, menyelesaikan permasalahan tanah yang ada disetiap satuan wilayah masing-masing,” ungkapnya saat wawancara.

Selain itu, sambung Elijas, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk mempercepat realisasi target Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di setiap kabupaten/kota, yang mencakup aspek tata kota, , perindustrian, dan mitigasi bencana.

“Hal ini penting demi terwujudnya tata kota yang baik agar tidak ada masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana ataupun tempat yang tidak sesuai dengan peruntukkan ruangnya,” tandasnya. (asp)