Dewan Minta Pj Wali Kota Sukseskan Pemilu Sambil Jaga Netralitas ASN

Whatsapp Image 2023 09 27 At 9.15.27 Pm
Jajaran DPRD Palangka Raya menghadiri pelantikan Pj kepala Daerah di Kalteng. (FOTO: IST)

, – Pengangkatan penjabat (Pj) kepala daerah, bupati, dan wali kota oleh Kemendagri menjadi sorotan utama menjelang Pemilu 2024.

“Dalam misi penting ini, Pj kepala daerah diharapkan menjalankan tugas dengan totalitas yang luar biasa,” kata Anggota , Sudarto, Rabu, (27/9/2023).

Ia memberikan sorotan pada urgensi penetapan Pj kepala daerah sesuai UU No. 10 Tahun 2016. Ia menekankan bahwa dalam Indonesia, kekosongan kepala daerah tidak boleh ada dan Pj kepala daerah bertugas hingga terpilihnya pemimpin definitif melalui .

Politisi ini juga memandang pentingnya netralitas dan komitmen kepala daerah serta / dalam mendukung kelancaran pemilu dan pilkada.

“Contohnya adalah peran Ibu Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, yang bersama dengan seluruh ASN dan instansi terkaitnya harus menjaga netralitas dan menjamin keamanan serta ketertiban selama pemilu,” tuturnya.

Meskipun netralitas adalah prinsip utama, ASN atau PNS tetap memiliki hak suara sebagai warga negara. Hak ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan aspirasi melalui pemilihan pemimpin yang sesuai dengan pandangan mereka. (oje)