Wamen LHK Berikan Apresiasi Pemprov Kalteng Tangani Karhutla

Whatsapp Image 2023 10 01 At 7.51.12 Pm
Foto bersama Wakil Gubernur Kalteng berserta jajaran dan Wakil Menteri LHK RI Alue Dohong

, PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng, H. bertemu langsung dengan Wakil Menteri Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) RI, di ruang kerja Wakil Gubernur Kalteng, Minggu (1/10/2023).

Wamen LHK Alue Dohong usai melakukan pertemuan dengan Wagub Kalteng menyampaikan apresiasi kepada Kalteng dalam melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan ().

Selain itu, Wamen Alue Dohong juga menyampaikan saat bertemu dengan Wagub membicarakan terkait upaya-upaya selanjutnya untuk penanganan Karhutla di Provinsi Kalteng.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan yang melibatkan semua pihak mulai dari Kabupaten/kota hingga masyarakat peduli api yang telah bekerjasama melakukan penanganan Karhutla,” ujarnya.

Wamen mengajak semua stakeholders untuk bersama-sama termasuk OPD, untuk turun memadamkan sisa kebakaran yang ada agar segera bisa diatasi khususnya kebakaran yang baru saja terjadi di Desa Tumbang Nusa, Tanjung Taruna dan Kameloh Baru.

“Saya pikir karena situasi sudah emergency atau darurat maka kita optimalkan semua sumber daya yang kita miliki baik orang, tenaga, finansial, peralatan, semua komponen harus turun bersama-sama untuk mengatasi Karhutla,” ucapnya.

Wamen juga menerangkan, pihaknya dalam hal ini Kementerian LHK sudah menginstruksikan jajaran untuk mengirimkan bantuan baik mesin pompa dan penambahan .

“Hari ini saya sudah menginstruksikan untuk mengirimkan 25 unit mesin pompa beserta selang dari Jakarta yang diperkirakan akan tiba Pukul 16.00 WIB tiba di Kota Palangka Raya. Kami juga akan membantu termasuk membangun sumur bor darurat,” tandasnya. (asp)