DPR RI-Kemenperin Dorong Tumbuhnya Wirausaha IKM Baru di Palangkaraya

Whatsapp Image 2023 10 03 At 5.48.48 Pm (1)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA bekerjasama dengan dan terus mendorong tumbuhnya wirausaha terutama wirausaha baru Industri Kecil dan Menengah () baru di Palangka Raya.

Terkait dengan hal itu, DPR RI, Kemenperin dan melaksanakan Bimbingan Teknis Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah di Kota Palangka Raya 3-6 Oktober 2023.

Anggota Komisi VII DPR RI, H. mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ikhtiar pemerintah baik lembaga eksekutif dan legislatif dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) produktif.

“Kegiatan ini ikhtiar kita dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang produktif. Ikhtiar ini harus bersama-sama dilakukan, baik antara pemerintah pusat, eksekutif dan legislatif dan daerah, dalam rangka menjawab tantangan kehidupan dan tantangan zaman,” ucapnya pada pembukaan, di Ballroom Swiss-belhotel Danum Palangka Raya, Selasa (3/9/2023).

Apalagi tambah Mukhtarudin, saat ini Kalteng menghadapi bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an nanti, sehingga SDM di Provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai harus dipersiapkan mulai dari sekarang.

“SDM di Kalteng ini memang harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Memang mencetak SDM itu tak seperti makan cabe ketika dimakan pedasnya langsung dirasakan sekarang, tapi ada prosesnya, yang kita buat hari ini hasilnya juga bukan hari ini kita dapatkan tapi nanti beberapa tahun kedepan baru dirasakan manfaatnya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 8 bimbingan teknis yang pihaknya laksanakan bersama dengan Kemenperin RI dalam menyiapkan SDM menjadi wirausaha.

“Ada 8 bimtek yang dilaksanakan, yaitu bimtek anyaman rotan, anyaman purun, pengolahan kopi, pengolahan makanan dan minuman, servis elektronik seperti AC dan juga sepeda motor, dengan peserta 184 peserta,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Samsul Rizal menuturkan, pemerintah kota sangat mendukung berbagai upaya yang bertujuan untuk mendorong tumbuhnya pengusaha baru.

“Pemerintah Kota Palangka Raya sangat mendukung kegiatan ini, dalam rangka mendorong tumbuhnya wirausaha baru di Kota Palangka Raya, dan ini merupakan program prioritas kami,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar bimbingan teknis tersebut dapat memberikan manfaat sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor industri kecil dan menengah di Kota Palangka Raya

“Kegiatan bimbingan teknis wirausaha baru industri kecil dan menengah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta dan mendorong pertumbuhan sektor industri kecil dan menengah di Kota Palangka Raya,” tutupnya. (asp)