Dinas ESDM Kalteng Sediakan Posko Karhutla di Kalampangan

Whatsapp Image 2023 10 07 At 1.14.29 Pm

, – Tim Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah () menyediakan posko penanganan hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Kalampangan, yang merupakan titik lokasi rawan .

Keberadaan posko penanganan kebakaran hutan dan lahan Dinas ESDM Provinsi Kalteng ini untuk mengantisipasi dan menanggulangi sejak dini kebakaran serta media edukasi bagi masyarakat tentang bagaimana harus bertindak ketika terjadi , sekaligus digunakan untuk antisipasi penanganan potensi bencana lainnya.

Kemudian, posko tersebut juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan, seperti armada kendaraan yang membawa tangki air dan peralatan lainnya untuk menunjang memadamkan api.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng, Vent Christway mengimbau kepada masyarakat untuk stop/berhenti membakar lahan.

“Karena musim kemarau ini berdampak pada cuaca di kota Palangka Raya berupa cuaca panas dan kekeringan,” ucapnya.

Selain itu, dengan adanya Posko tersebut sambung Vent, maka dapat secara cepat mengumpulkan dan menerima informasi/laporan dari masyarakat setempat terkait terjadinya Karhutla di wilayah kota Palangka Raya.

“Sehingga dapat segera diambil langkah penanganan secara cepat melalui pemadaman api Karhutla untuk mengurangi risiko bencana ,” tandasnya. (asp)