Hari Santri, NU Kalteng Turut Bacakan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Whatsapp Image 2023 10 22 At 6.33.07 Am

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dalam memperingati tahun 2023, Keluarga Besar PW Kalteng bersama Kanwil , , dan lembaga NU lainnya turut berpartisipasi melakukan Pembacaan Satu Miliar Sholawat Nariyah, di Mesjid Raya Darussalam Palangka Raya, Sabtu (21/10/2023) malam.

Pembacaan satu miliar Sholawat Nariyah ini dilakukan juga secara serentak seluruh Indonesia sebagai rangkaian peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023, yang diperingati setiap 22 Oktober.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. , Kepala Kanwil Kalteng Noor Fahmi, Ketua Khairil Anwar, Ketua PW NU Kalteng H. M. Wahyudie F Dirun.

Ketua PW Nahdatul Ulama (NU) Kalteng, H. M. Wahyudie F Dirun mengatakan, dalam rangkaian hari santri Pengurus Besar (PB) NU mencetuskan untuk melakukan pembacaan sholawat nariyah serentak seluruh Indonesia sebanyak 1 miliar.

“Satu miliar bacaan itu dibagi di seluruh Indonesia, dan Kalimantan Tengah mendapatkan tanggung jawab atau kuota sebesar 8.465.820 bacaan se-Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Dari 8 jutaan tersebut, sambung Wahyudi akan dibagi lagi di masing-masing Kabupaten atau tanggung jawab wilayah hingga ke cabang.

“Pengurus wilayah mendapat tanggungjawab sebesar 66.660 bacaan. Alhamdulillah, malam ini sudah selesai kita bacakan, dan di majelis ini (Mesjid Raya) kita bacakan sebanyak 5000 kali, sebelumnya sudah ada dibaca juga kepada pondok pesantren yang kita minta dan juga oleh mahasiswa IAIN di program Ma’had yang mendapatkan jatah sekitar 15.000 untuk dibacakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyudi menerangkan, Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah mendapat jatah sejumlah 599.940 bacaan sholawat nariyah.

“Jadi PC NU se-Kalimantan Tengah mendapat jatah 599.940. Makanya hari ini PCNU Kota tidak bergabung di sini. Karena mereka juga fokus membaca sholawat nariyah di beberapa tempat, di pesantren,” tandasnya.

Berdasarkan informasi, selain mengikuti pembacaan 1 miliar pembacaan Sholawat Nariyah tersebut, juga akan menggelar apel Hari Santri pada Minggu (22/10/2023), di IAIN Palangka Raya. Kemudian setelah apel hari santri, PWNU Kalteng juga akan menggelar Expo Pondok Pesantren di tempat yang sama. (asp)