Kalteng Siap Berkompetensi Pada KIMFest 2023

Whatsapp Image 2023 10 26 At 3.43.15 Pm

, – Kalimantan Tengah (Kalteng) siap berkompetisi pada pagelaran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Festival yang akan berlangsung di Stand pameran Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur pada 27-29 Oktober.

KIMFest atau Festival KIM 2023 ini digelar Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai ajang penghargaan bagi KIM yang berprestasi serta memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, yang ter-display di stand-booth pameran.

Selain itu, rangkaian KIMFest diadakannya lomba cerdas cermat dan presentasi KIM serta wawancara oleh masing-masing perwakilan di setiap provinsi.

Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Damar Digital Jaya mewakili Provinsi Kalteng yang mengikuti KIMFest dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. , di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Kalteng, Rabu (25/10/2023).

Nuryakin saat menyampaikan arahannya berpesan kepada KIM Damar Digital Jaya yang mewakili Provinsi Kalteng agar menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran serta bertingkah laku yang baik dan sopan sehingga mampu menjaga nama baik Provinsi Kalteng dan Kabupaten Sukamara.

“Saya menaruh harapan agar peserta KIM perwakilan Provinsi Kalteng dapat tampil dengan baik, percaya diri, memperoleh hasil yang maksimal dan kembali torehkan prestasi dan mengharumkan nama Kalimantan Tengah,” tuturnya.

Nuryakin berharap, KIM Damar Digital Jaya yang salah satu aktivitasnya menginformasikannya di Website digital agar masyarakat luas mengetahui keberadaan desa mereka, bisa menjadi role model bagi kabupaten/kota lainnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi dalam laporannya menyampaikan, KIM Damar Digital Jaya adalah proyek dari percontohan desa digital.

“KIM Damar Digital Jaya mempromosikan daerah setempat mulai dari pariwisata serta produk unggulan di desa mereka salah satunya terkait dengan program udang vaname,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng selaku Pembina KIM di Provinsi Kalteng pada tanggal 19 September 2023 lalu, telah melakukan seleksi dan wawancara kepada perwakilan KIM kabupaten/kota se-Kalteng untuk mewakili Prov. Kalteng pada tingkat dan ditetapkan KIM Damar Digital Jaya dari Kabupaten Sukamara.

KIM Damar Digital Jaya Kabupaten Sukamara adalah suatu KIM yang dibentuk dan dikelola masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dan secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat di Desa Sungai Damar Kabupaten Sukamara.

Sejumlah aktivitas KIM Damar Digital Jaya diantaranya melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM tentang cara berjualan di , mensosialisasikan larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat. KIM Damar Digital Jaya mempunyai media informasi meliputi damardigitaljaya.kim.id dan portal digital sungaidamar.desa.id, Damar Jaya dan Instagram damar.digital.jaya.

Produk unggulan KIM Damar Digital Jaya sebagai akses masyarakat meliputi budidaya udang vaname, sabun cuci piring serai wangi, kerajinan batu kecubung, snack olahan ikan dan minyak kelapa. (asp)