Kedatangan Atlet UCI MTB 2023 ke Kalteng Disambut Tampung Tawar

Whatsapp Image 2023 11 10 At 5.17.27 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Hari ini para atlet yang mengikuti event Championship 2023 di Kalimantan Tengah (Kalteng) kini tiba di Palangka Raya, Jumat (10/11/2023).

Kedatangan puluhan atlet tersebut disambut dengan ritual adat , yaitu Tampung Tawar, dan juga pemakaian Lawung dan Sumping kepada peserta di Bandar Udara () Tjilik Riwut Palangka Raya.

“Kedatangan mereka tadi langsung disambut dengan tampung tawar, ini adalah adat khas Dayak Kalimantan Tengah. Dan seluruh tanah Borneo itu memang identik dengan tampung tawar,” kata Ketua Pengprov , H. melalui Ketua Harian, Rahmat Nasution .

Dengan adanya prosesi adat Dayak tersebut, sebut Hamka, alam semesta akan merestui apa yang menjadi harapan baik pihaknya tersebut terhadap pelaksanaan kegiatan UCI MTB Eliminator World Championship 2023 itu nantinya.

“Kita berharap pelaksanaannya nanti pada tanggal 12 November 2023 itu dapat berjalan secara lancar. Intinya kita meminta yang terbaiklah, sesuai dengan arahan Pak Gubernur juga,” ungkapnya.

Hamka yang juga Ketua Panitia UCI MTB Eliminator World Championship ini menyebutkan, bahwa peserta yang hadir pada hari Jum’at (10/11/2023) ini berjumlah kurang lebih 80 orang.

“Total peserta yang datang ini ada sekitar kurang lebih 80 peserta,” kata Hamka.

Sementara untuk sirkuit, ia menyebutkan, kondisinya saat ini sudah 100 persen dan besok Sabtu (11/11/2023) para atlet juga akan melaksanakan latihan resmi yang berada di kawasan Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya.

“Kondisi sirkuit sudah 100 persen dan besok sudah bisa digunakan untuk latihan resmi, jadi pagi besok itu latihan resminya,” demikian Hamka. (asp)