Wagub Kalteng Kukuhkan Pengurus APDESI Kalteng

Whatsapp Image 2023 11 13 At 7.46.58 Pm

, Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur, H. mengukuhkan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia () Provinsi Kalteng periode 2023-2028.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur, Senin (13/11/2023), yang dihadiri oleh Plh. Dirjen Bina Desa La Ode Ahmad Pidana Balomba, Ketua Umum DPP APDESI Surta Wijaya, dan Sekjend APDESI dan juga seluruh Kepala Desa se-Kalteng.

Sedangkan untuk pengurus DPD APDESI Provinsi Kalteng Masa Bakti 2023-2028 yang dikukuhkan yakni Seger Satria (Ketua), Aswin Nur (Sekretaris), Lindayadia (Bendahara), serta 11 Biro lainnya.

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat melakukan pengukuhan mengatakan, mewakili Gubernur Kalimantan Tengah dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan resmi mengukuhkan pengurus DPD APDESI Kalteng.

“Saya percaya bahwa saudara-saudari yang akan melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkannya pengurus DPD APDESI Provinsi Kalteng periode 2023-2028. Ia berharap APDESI bisa bekerjasama memacu percepatan di Desa.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Pengurus DPD APDESI Kalimantan Tengah yang telah dikukuhkan, menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita bersama untuk memacu percepatan pembangunan di desa, guna menciptakan Desa yang mandiri, maju, makmur dan sejahtera, dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin Berkah,” ucap Sugianto Sabran.

Selanjutnya, Plh. Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, La Ode Ahmad Pidana Balomba mengharapkan APDESI bisa selalu mengoptimalkan fungsi organisasi sebagai media koordinasi komunikasi, advokasi, serta fasilitasi antara pengurus dengan anggota maupun menjalin kemitraan kerjasama dengan Lembaga Pemerintah atau non Pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan Desa.

“Progres pembangunan Desa yang baik tentunya menghasilkan Desa-Desa berprestasi. Hal ini ditandai dengan majunya Desa dalam juara lomba Desa yang tidak saja baik dalam pemerintahan Desanya, namun juga mampu mempertimbangkan potensi Desa dengan efektif dan inovatif yang diindikasikan semakin besarnya kontribusi Pendapatan Asli Desa dalam struktur APBDes,” katanya. (asp)