Kalteng Kirimkan 48 Atlet Dayung Ikuti Babak Kualifikasi PON

Whatsapp Image 2023 11 14 At 7.47.46 Pm

, – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) melepas atlet untuk mengikuti Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga () di Karawang Jawa Barat.

Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) Dayung , Ipda Jhon Travolta, usai pelepasan atlet di Asrama , mengatakan, ada sebanyak 48 atlet dan 13 pelatih yang diturunkan untuk mengikuti BK PON, dengan 3 nomor lomba yakni canoeing, perahu dan rowing.

“Untuk babak kualifikasi PON ini kita targetnya meloloskan nomor lomba itu, di PON nanti baru kita dengan persiapan dan dukungan dari pemerintah daerah. Meraih hasil lebih maksimal lagi. Paling tidak lebih dari PON sebelumnya,” ucapnya, Selasa (14/11/2023).

Sementara terkait dengan potensi ada atau tidaknya Kalteng untuk lolos babak kualifikasi PON pada ketiga nomor yakni canoeing, perahu dan rowing,

John menerangkan, dari ketiga nomor lomba yang diikuti, kontingen dayung Kalteng berpotensi untuk lolos ke PON 2024 nantinya.

“Potensinya ada. Atlet yang kita siapkan intinya tadi berapa pun yang kita berangkat ke sana, sebanyak mungkin nomor yang harus kita bisa loloskan. Di PON nanti baru kita bicara untuk prestasi atau medali, tapi itu tergantung dengan persiapan Kalteng,” tegasnya.

Adapun untuk keberangkatan para atlet, pelatih dan official dayung Kalteng akan dijadwalkan pada tanggal 15 November dan selesai tanggal 25 November 2023.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia () Kalteng, yang diwakili oleh Ketua Harian, Hasanudin Noor berpesan kepada para atlet agar disiplin, dan juga harus berkoordinasi terus dengan pelatih, dan pelatih harus memberikan motivasi kepada atlet.

“Sehingga setiap kita tanding, ataupun keluar daerah yang terpenting adalah disiplin dan persiapan kita untuk bertanding, berarti fisik kita harus siap, jangan sekali-sekali mau bertanding tidak siap, tidak disiplin,” ungkapnya.

“Tunjukan kedisiplinan kita. Dayung ini suatu unggulan kita, ayo kita hidupkan. Saya menyampaikan pesan Ketua Umum, mari kita sama-sama dalam memajukan olahraga Provinsi Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng, Napiko berharap besar untuk atlet dayung agar bisa mencapai apa diharapkan.

“Semangat melaksanakan lomba. kami berharap prestasi-prestasi dapat dicapai, seperti yang diharapkan. Kita tahu bahwa latihan mereka sangat tepat, disiplin, kuat, dengan kedisiplinan yang kuat kita berharap bahwa hasilnya pun baik,” ungkapnya. (asp)