Tahun 2023, Kalteng Terima Dana Bagi Hasil Sawit Rp128 Miliar

Whatsapp Image 2023 11 17 At 4.59.45 Pm
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat diwawancarai media usai menghadiri rapat koordinasi DBH Sawit Kalteng tahun 2023

BALANGANEWS, – Pemprov pada tahun 2023 ini menerima Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit sebesar Rp128 Miliar lebih, yang akan ditransfer pemerintah pusat pada 27 Desember mendatang.

Kepala Dinas (Disbun) Provinsi Kalteng, H. Rizky Badjuri mengatakan, dana bagi hasil sawit ini diperuntukkan sebesar 80 persen untuk infrastruktur dan 20 persen untuk kegiatan lainnya. Sementara jumlah DBH Sawit untuk Kalteng, sebut Rizky sekitar 128 miliar untuk tahun 2023.

“Kurang lebih 128 miliar. Kalau provinsi kita mendapatkan 60 miliar dan diberikan ke kabupaten. Pada tanggal 27 Desember nanti ditransfer dari Kementerian Keuangan ke daerah. Tapi tidak bisa digunakan karena akhir tahun, jadi pelaksanaan 2024,” ucap Rizky pada rapat koordinasi (Rakor) DBH tahun 2023, di Bahalap Hotel, Palangka Raya, Jumat (17/11/2023)..

Sementara itu, Kalteng melalui Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo memberikan apresiasi kegiatan rapat koordinasi tersebut. Dirinya menuturkan, DBH Sawit baru dilaksanakan tahun 2023 ini.

Wagub menjelaskan, DBH Sawit adalah bagian dari Transfer ke daerah (TKD) yang dialokasikan berdasarkan persentase atas pendapatan dari bea keluar dan pungutan atas , minyak kelapa sawit mentah, dan/atau produk turunannya.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 91 Tahun 2023 bahwa penggunaan DBH Sawit untuk kegiatan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan minimal 80 persen dari alokasi DBH Sawit per daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Kegiatan lainnya paling tinggi 20 persen dari alokasi DBH Sawit per daerah provinsi dan kabupaten/kota dan kegiatan penunjang pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan kegiatan lainnya paling tinggi 10 persen dari alokasi DBH Sawit untuk masing-masing kegiatan,” tambah Wagub.

Edy Pratowo mengharapkan dengan adanya dana bagi hasil sawit tersebut dapat membantu masyarakat dan memberikan perlindungan jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Pekerja atau di sekitar wilayah perkebunan.

“Harapan saya juga melalui DBH Sawit ini dapat membantu masyarakat dalam pendataan dan pemetaan lahan sawitnya, terutama lahan masyarakat yang masih terindikasi dalam kawasan hutan terpetakan untuk bahan penyelesaiannya,” pungkasnya. (asp)