Pemprov Kalteng Akan Gelar Jambore UMKM di Barito Selatan

Whatsapp Image 2023 11 20 At 1.57.49 Pm
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menghadiri Jambore UMKM di wilayah Barat yang dilaksanakan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat pada September 2023 lalu

, – Sebagai bentuk konsistensi mengambil peran dalam mendukung gerakan melalui upaya memajukan pelaku industri UMKM, akan menggelar di Zona Das Barito di .

Sebelumnya pada bulan September 2023 dan November 2023 yang lalu Pemprov Kalteng sudah menggelar Jambore UMKM di wilayah Barat yang dilaksanakan di Pangkalan Bun, Kobar. Dan wilayah tengah yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Kegiatan Jambore UMKM yang dilaksanakan Pemprov Kalteng ini berdampak besar. Efeknya, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) tercatat meningkat. Selain itu, terjadi peningkatan pembuatan sertifikat halal dan BPOM serta peningkatan dalam hal kualitas dan kuantitas mutu produk para pelaku UMKM di Kalteng.

Kegiatan Jambore UMKM Zona Barito diharapkan mampu menyedot banyak peserta seperti halnya kegiatan serupa di Palangka Raya. Di mana undangan yang tersebar sebanyak 5.000, namun peserta membludak menjadi 8.000 pelaku UMKM yang hadir.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas para pelaku UMKM di Kalteng menjadi fokus Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Kalteng, H. Sugianto Sabran, Senin (20/11/2023).

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian, yaitu kemampuan menyerap tenaga kerja, dukungan, kerja sama, dan kolaborasi dalam membangun UMKM dan industri berbasis teknologi tepat guna untuk memasuki era Industri 5.0.

“Kalteng tentunya memerlukan kontribusi sinergitas dari berbagai lembaga. Sinergi antar lembaga diharapkan bisa menuntun pemberdayaan UMKM dan bisa membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberi efek ganda mendukung UMKM naik kelas dan go digital,” tandasnya. (asp)