Komisi IV DPRD Lakukan RDP Dengan Dinas PMD Kalteng

Whatsapp Image 2023 11 24 At 8.46.18 Pm
Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, Sriosako

, – Komisi IV Provinsi menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalteng, di ruang komisi IV DPRD setempat, Jumat (24/11/2023).

Ketua Komisi IV , mengatakan, rapat dengar pendapat tersebut dibahas mengenai pada tahun 2024 yang ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Jadi untuk pengembangan desa itu ada usulan yang disepakati bersama dengan anggota dewan itu, ya kurang lebih Rp21 milliar, keperluannya untuk peningkatan sumberdaya manusia dan pelatihan-pelatihan, jadi perlu peningkatan sumber daya manusia, terutama aparat-aparat desa,” jelas Sriosako.

Usulan dari lembaga eksekutif, sebutnya disepakati oleh Dewan untuk ditujukan ke Badan Anggaran nantinya. Ia juga menyarankan kepada dinas terkait yang menangani pengembangan desa agar bisa memajukan desa di Kalteng.

“Terutama memang kita juga dulu pernah artinya mengadakan koperasi atau (studi) banding dengan , memang dibanding dari daerah tetangga kita, memang disana sudah sebagiannya sudah banyak yang tertata, kemudian di daerah Bandung Jawa Barat, juga desa disana sudah rata-rata sudah sejahtera, karena ada BUMDes-BUMDes yang sudah tertata, hal yang demikian yang baik perlu kita tiru,” katanya.

Sehingga dirinya berharap dengan adanya anggaran tersebut nanti, bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas SDM di Desa sehingga bisa mengimbangi daerah tetangga.

“Mudah-mudahan kita bisa mengimbangi, atau paling tidak mengimbangi apa yang menjadi dengan daerah-daerah tetangga kita, dan juga daerah yang desa mandiri,” pungkasnya. (asp)