Ketersediaan Pangan Jelang Nataru Aman

Whatsapp Image 2023 11 29 At 12.04.39 Pm
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng, Riza Rahmadi (kiri) dan Kepala Bulog Kalteng (kanan)

, – Kepala Dinas (Dishanpang) Provinsi , menyebutkan, ketersediaan di Kalteng saat ini sampai jelang Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 masih aman dan cukup.

Riza mengatakan, dalam menyediakan persediaan pangan di masyarakat, pihaknya bersama dengan pihak terkait lainnya akan mengadakan operasi pasar pada Desember untuk menjaga ketersediaan pangan dan harga.

“Jadi kita akan tetap mendorong kepada semuanya nanti dan untuk menyikapi nataru ini, kita optimis ketersediaan bapok kita cukup,” ucap Riza pada rapat koordinasi Kesiapsiagaan Krisis Pangan, Senin (27/11/2023).

Sementara itu, untuk beras yang dikelola oleh , stoknya aman. Kantor Wilayah , Budi Cahyanto menyampaikan, untuk bulog sekarang kondisi sekarang stoknya kuat.

“Jadi bulog sendiri ada tugas dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan bantuan pangan beras, bantuan pangan beras untuk wilayah Kalteng ini berjumlah 710 ribu penerima bantuan pangan untuk dipersiapkan pada bulan Januari-Maret dan berasnya sudah ada di Kalteng,” jelasnya.

Kemudian untuk menangani potensi kenaikan pangan akibat el nino, akibat pasokan yang menurun dan lain-lain, Bulog juga kata Budi, sudah melakukan berbagai upaya. Ia menegaskan, kondisinya aman.

“Jadi sekarang kondisinya aman, seluruh stoknya itu kurang lebih 14 ribu ton itu sudah ada di dalam gudang dan itu siap kita distribusi menjelang panen,” katanya. (asp)