Gubernur Harapkan Pelajar SMA di Kalteng Bisa Lanjutkan Kuliah

Whatsapp Image 2023 11 30 At 3.06.08 Pm

BALANGANEWS, Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran bersilaturahmi dan berdialog dengan para siswa/siswi Perwakilan SMA Se- Kalteng, di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Kamis (30/11/2023).

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalteng memberikan motivasi kepada siswa dan siswi untuk dapat terus melanjutkan pendidikannya sampai ke kuliah. Ia menginginkan melihat SDM Kalteng ini maju, sehingga bisa bersaing.

“Tugas saya selaku Gubernur dan Wakil Gubernur, menginginkan agar anak-anak kita semuanya wajib bersekolah 12 tahun. Saya juga menginginkan anak-anak yang lulus SMA agar bisa melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi,” katanya.

Gubernur berkeinginan agar anak-anak yang berada di wilayah pedalaman merasakan bangku kuliah hingga selesai. sedang mencari solusi untuk membantu anak-anak SMA yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui bantuan bidik misi .

“Kita mencari cara bagaimana anak-anak di pedalaman punya ruang untuk merasakan bangku kuliah sampai selesai. Kita hitung dari jumlah anak-anak SMA yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi sebanyak 30.000 siswa, 30 persen dari jumlah anak tersebut yang tergolong tidak mampu akan kita bantu dari bidik misi Kalteng Berkah,” jelasnya.

Gubernur juga mengungkapkan, Kalteng saat ini menjadi Provinsi terluas se-Indonesia dengan sumber daya alam melimpah diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Setiap lembaga satuan pendidikan, katanya, harus berupaya memberikan penjaminan mutu kepada masyarakat, untuk mendapatkan akses pelayanan pendidikan secara optimal, terutama dalam pelaksanaan proses yang baik, efektif, bermakna, dan menyenangkan bagi peserta didik atau siswa.

“Generasi muda Kalimantan Tengah harus memiliki karakter kepribadian yang berakhlak mulia, karakter kinerja yang tangguh, serta kompetensi, profesionalitas, dan daya saing diri yang lebih baik. Untuk itu, pelayanan pendidikan menengah harus terus kita tingkatkan, terutama di daerah pedalaman,” tegasnya.

Gubernur mengajak semua pemangku kepentingan pendidikan di Kalteng, agar terus bekerja keras, bekerja cerdas, dan terus berinovasi untuk bersama-sama memajukan pendidikan, guna mewujudkan generasi muda yang berkualitas unggul dan berdaya saing tinggi.

“Kepada anak-anakku para siswa, agar fokus, semangat dan tekun dalam belajar. Sayangi dan hormati kedua orang tua dan bapak/ibu guru. Jauhi hal-hal negatif, seperti penyalahgunaan , merokok, pergaulan bebas, dan pelanggaran norma lainnya. Bentengi diri kalian juga dari pengaruh negatif digital dan yang canggih, melalui peningkatan iman dan taqwa kepada Allah,SWT Tuhan Yang Maha Esa,” pesannya. (asp)