Pemprov Kalteng Terus Berupaya Agar UMKM Naik Kelas

Whatsapp Image 2023 12 13 At 4.30.38 Pm
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada pelaku UMKM binaan pada acara Jambore UMKM Wilayah Barat Provinsi Kalteng beberapa waktu lalu

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kalteng terus berupaya agar di Kalteng naik kelas.

Salah satunya upaya yang dilakukan oleh Pemprov adalah dengan memberikan bantuan berupa gerobak untuk pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng.

Bantuan tersebut telah diberikan secara simbolis oleh Kalteng, H. kepada pelaku UMKM, pada kegiatan jambore UMKM di tiga wilayah. Wilayah barat pada 5 november, wilayah tengah pada 12 november dan wilayah timur pada 9 Desember.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Hj. Norhani mengatakan, pemberian bantuan gerobak itu bertujuan memudahkan pelaku UMK (Usaha Mikro dan Kecil) untuk meningkatkan produksi olahan mereka dan meningkatkan percaya diri pelaku UMK agar semakin maju, dan untuk meningkatkan taraf hidup dalam berusaha.

Selain itu juga, mendukung kesuksesan UMKM di daerah, yaitu mewujudkan gerakan bangga buatan Indonesia.

“Bantuan tersebut disalurkan di 13 kabupaten dan 1 kota. Akhir Desember 2023 ini semua akan disalurkan kepada pelaku usaha UMK binaan Provinsi Kalteng di kabupaten/kota,” kata Norhani, Rabu (13/12/2023).

Norhani juga mengimbau semua pelaku usaha UMK yang sudah mendapat bantuan gerobak agar gerobaknya dijaga dan dirawat.

“Tolong selalu dijaga dan dirawat sebaik mungkin, jangan sampai dipindahtangankan. Sebab gerobak ini sesuai dengan database si penerima, karena ini bantuan dari yang terbaik untuk UMKM,” ucapnya.

Norhani membeberkan, selama 2 tahun ini, Pemprov sudah banyak membantu UMKM dalam memberikan bantuan dan kemudahan permodalan, serta mempromosikan produk hasil olahan UMKM.

“Semoga semua bantuan itu bisa bermanfaat bagi pelaku usaha. Kepada bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, saya atas nama pelaku usaha mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan dukungannya kepada UMKM, sehingga bisa membantu meningkatkan taraf hidup bagi UMKM menjadi lebih baik lagi dan demi terwujudnya UMKM naik kelas untuk Kalteng semakin Berkah,” pungkasnya. (asp)