Mencegah DBD Dimulai dari Diri Sendiri

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.34.37 Pm
Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita

, – Wakil Ketua I Komisi C Kota Palangka Raya, Ruselita mengajak masyarakat untuk waspada Dengue (), terlebih lagi dalam hal meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan DBD.

“Beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dan kita dari bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD), yakni dengan mengenakan pakaian yang menutupi kulit saat berada di luar rumah pada waktu-waktu tersebut,” ucapnya, Rabu (13/12/2023).

Kemudian menggunakan obat nyamuk, penggunaan obat nyamuk, baik itu semprot, bakar, atau lotion, bisa membantu mencegah gigitan nyamuk.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Salah satu cara paling efektif untuk mencegah DBD adalah dengan mengendalikan populasi nyamuk, ini dilakukan dengan cara rutin membersihkan tempat-tempat penampungan air dan memastikan tidak ada air yang tergenang, yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk,” tambahnya.

Selain itu, menggunakan kelambu saat tidur, meski nyamuk Aedes Aegypti lebih aktif di siang hari, menggunakan kelambu saat tidur bisa menjadi langkah tambahan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

“Dengan langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat,diharapkan angka kasus DBD dapat ditekan dan masyarakat dapat terhindar dari masalah serius yang disebabkan oleh penyakit ini,” ungkapnya. (udi)