Pasien Covid di RSUD Doris Sylvanus Sudah Pulih dan Dipulangkan

Whatsapp Image 2023 12 13 At 9.07.54 Pm
Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Ady Fraditha

, PALANGKA RAYA – Plt. Direktur , Ady Fraditha mengatakan, bahwa seorang pasien yang dinyatakan positif -19 telah berhasil pulih dan dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri.

Ia menjelaskan, bahwa menerima pasien dengan gejala demam, dan pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari luar Provinsi Kalimantan Tengah.

“Jadi memang pada tanggal 9 itu ada pasien yang masuk ke Rumah Sakit Doris Sylvanus, pasien itu mengalami gejala demam. Kebetulan, pasien tersebut dalam riwayatnya ada perjalan dari luar provinsi kita,” kata Ady, Rabu (13/12/2023).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Selain gejala demam, sambungnya, pasien juga memiliki penyakit lain pada saat pemeriksaan awal. Pemeriksaan Covid-19 dilakukan sebagai langkah pencegahan karena adanya riwayat perjalanan dari luar provinsi.

“Hasil tes menunjukkan positif, sehingga pasien dirawat dalam ruang isolasi,” ungkapnya.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti tes darah dan foto rontgen , ditemukan bahwa semua hasil berada dalam batas normal, dan pada hari Senin 11 Desember 2023, pasien sudah dapat dipulangkan.

“Jadi sudah dipulangkan pada Senin sorenya, karena gejala demam sudah tidak ada, dan hasil pemeriksaan lab darah dalam batas normal hasilnya semua. Hasil pemeriksaan foto rontgen paru-paru juga menunjukkan hasil dalam batas normal,” bebernya.

Dengan adanya kejadian itu, Ady Fraditha juga menekankan bahwa rumah sakit RSUD Doris Sylvanus telah mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan menyiapkan dua kamar ruang isolasi sebagai langkah preventif.

“Kita sudah menyiapkan 2 kamar untuk jaga-jaga, untuk antisipasi apabila kita menemukan ada lagi pasien yang terkonfirmasi positif covid-19,” ungkapnya.

Ady mengajak masyarakat untuk tetap waspada, menggunakan masker, dan mematuhi protokol saat beraktivitas di luar rumah.

“Inikan artinya bukan hal yang baru bagi kita, cuma pesan saya tetap harus waspada, kalau memang bepergian dan berada di kerumunan orang banyak pakailah masker, kalau anda berjabat tangan segera cuci tangan dengan sabun, air mengalir, bila perlu gunakan ,” ajaknya.

Diketahui, pada awal Desember 2023 terdapat pasien Covid-19 yang ditangani di rumah sakit RSUD Doris Sylvanus. Dimana pasien itu terkena Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari luar Kalimantan Tengah. (asp)