Pemprov Kalteng Raih Terbaik 3 Nasional Anugerah BBWI dan BBI

Whatsapp Image 2023 12 17 At 1.58.58 Pm

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas dan Pariwisata () menerima penghargaan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) pada kategori Provinsi Terbaik ke-3 tingkat Kawasan Kalimantan dan Nusa Tenggara.

Selain pengharapan itu, Pemprov Kalteng juga menerima Juara 3 Kategori Kriya Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2023 bagi pelaku UMKM.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Penghargaan ini diberikan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Republik Indonesia dalam acara Malam Anugerah BBWI 2023 yang dirangkaikan dengan pemberian Anugerah BBI 2023 bagi pelaku UMKM/IKM/Artisan, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2023) malam.

Penghargaan Anugerah BBWI dan BBI 2023 diterima langsung Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Rusita Murniasi. Hadir juga Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Aster Bonawaty dan dari UKM UEI Adeline Christine yang merupakan pelaku UMKM dari Kalteng mendapatkan juara 3 kategori Kriya.

Acara Malam Anugerah BBWI dan ABBI 2023 digelar dalam rangka pemberian apresiasi kepada pemerintah daerah atas upaya mendorong aktivitas perjalanan wisatawan serta atas dukungan pengembangan produk dalam negeri yang berkualitas.

Malam penganugerahan yang mengusung tema Bingkai Ulang Indonesiamu ini memberikan penghargaan bagi BBWI dalam enam kategori dan BBI dalam empat kategori.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, aktivitas pariwisata dan penggunaan produk dalam negeri dapat menjadi katalis perputaran ekonomi nasional sehingga dibutuhkan kolaborasi yang baik antara instansi pemerintah, BUMN, serta asosiasi dan industri pendukung untuk mencapai perekonomian yang lebih baik.

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah dapat lebih berkomitmen dalam bangga Indonesia, baik bangga buatan Indonesia dan juga bangga berwisata di Indonesia.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari mengatakan, bahwa penghargaan yang diterima akan menjadi spirit bagi Pemprov Kalteng untuk mengoptimalkan pengembangan sektor pariwisata di Kalteng.

“Saat ini Bapak fokus dalam pengembangan sektor pariwisata, karena diyakini sektor ini akan menjadi pemantik yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, dan saat ini kita sedang persiapkan dan pengembangan beberapa destinasi yang modern tanpa menghilangkan kearifan lokal,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng, Aster Bonawaty menyebutkan, Gerakan Nasional BBI dan BBWI adalah gerakan kolaboratif yang sangat strategis untuk mempromosikan Provinsi Kalteng sebagai salah satu tujuan wisata, sekaligus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kalteng melalui peningkatan kualitas produk-produk lokal.

“Melalui gerakan BBI akan meningkatkan kepercayaan diri bangsa terhadap potensi dan kualitas produk dalam negeri,” pungkasnya. (asp)