Resmi Berakhir, Turnamen Catur Nataru Cup Akan Kembali Digelar

46277102 C2b2 4cef 9fa1 94e4cc4462be
Wakil Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng yang juga Ketua Panitia Turnamen Catur Nataru Cup II, Hasanuddin Noor saat menyerahkan piala dan penghargaan kepada pemenang

, Kejuaraan open turnamen Nataru Cup II yang digelar oleh Dewan Adat (DAD) bekerjasama dengan Pengprov Percasi Kalteng dan Manajemen Hotel Dandang Tingan secara resmi berakhir, Kamis (29/12/2023) malam.

Kejuaraan yang diikuti oleh 180 orang peserta dari tiga katagori, yakni pelajar, umum dan ini dimulai sejak tanggal 27 Desember 2023 kemarin di Aula Hotel Dandang Tingang, Palangkaraya.

Ketua DAD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Agustiar Sabran melalui Wakil Ketua Umum, Hasanuddin Noor mengatakan, turnamen Nataru Cup ini merupakan turnamen yang rutin digelar setiap tahunnya oleh DAD, dalam rangka memeriahkan natal dan tahun baru (Nataru).

Turnamen ini digelar DAD dalam rangka memeriahkan Natal dan Tahun Baru, dan akan dilaksanakan berkelanjutan. Jadi, Insya Allah di tahun yang akan datang, akan kita laksanakan kembali,” ucapnya.

Selain itu, turnamen ini juga sambung Hasan, merupakan upaya DAD Kalteng di bidang untuk menggali atlet-atlet di daerah dan mengasah kemampuan atlet, sehingga diharapkan memiliki potensi bertarung di ajang yang lebih tinggi.

Tujuan turnamen ini juga dalam rangka kita untuk membina kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama antara kelompok sehingga bersama-sama menjalankan kegiatan di daerah Kalimantan Tengah, menuju Kalimantan Tengah Semakin Berkah,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Kalteng, Ilham Busra menjelaskan, turnamen ini merupakan inisiatif Ketua DAD Kalteng. Dimana turnamen ini selain ajang untuk mengasah kemampuan dan mencari bibit, juga sebagai sarana silaturahmi untuk menjaga persatuan.

Img 20231227 Wa0274
Bahwa di Kalteng semua suku dan agama sama, sebagaimana Falsafah Huma Betang, dimana satu rumah lima agama bisa terjadi, untuk itu diadakan Nataru Cup, jadi semua gabung disitu,” katanya.

Adapun juara Nataru Cup II tahun 2023 ini untuk katagori SD cepat, juara 1 Yuphael Yaron Ahad dari SDN 1 Menteng, juara 2 Brightly Kamiar Evangelion dari SDN 13 Palangkaraya, juara 3 Kristian Putra Shinoby dari SDN 3 Palangkaraya.

Sementara untuk kategori SMP/MTS cepat, juara 1 diraih oleh Rafa Firiatullah dari SMPN 1 Puruk Cahu, juara 2 Handy dari SMPN 1 , juara 3 diraih Abditya Natanha dari SMPN 11 Palangkaraya.

Untuk kategori SMA cepat, juara 1 diraih oleh Revaellino Akar dari SMAN 1 Nanga Bulik, juara 2 Melki dari SMAN 1 Palangkaraya, juara 3 Grand Christiano Elia Nyampai dari SMAN 5 Palangkaraya.

Untuk kategori umum cepat, juara 1 diraih oleh Imat Suhermat dari Sukamara, juara 2 John Pitony dari NPC dan juara 3 Lukman Effendi dari Kotawaringin Barat. Dan kategori kelompok disabilitas, juara 1 John Pitony, juara 2 Wawan Hendri, dan juara 3 Eodia. (asp)