Danrem 102/Pjg Hadiri Ngobrol Kesiapan Pemilu Tahun 2024

Whatsapp Image 2024 01 09 At 12.05.54 Am

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung, Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto menghadiri acara Ngobrol (Ngopi) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pemilu tahun 2024, di Kantor KPU , Senin (8/1/2024).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kalteng , Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, mewakili Kalteng, Ketua Satriadi dan stakeholder terkait.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu Kabupaten/Kota, Kapolres Kabupaten/Kota, dan se-Kalimantan Tengah.

Ketua KPU Kalteng, Sastriadi memaparkan tentang tahapan proses pelaksanaan penyelenggaraan pemilu di wilayah Kalimantan Tengah,mulai dari jumlah jenis surat suara se Kalimantan Tengah pada , serta Penayangan Video tentang tata cara pendistribusian logistik.

Sementara itu, di tempat yang sama Danrem 102/Pjg mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kalteng, adapun kegiatan hari ini yaitu kegiatan yang kedua ditahun 2024, kegiatan pertama sudah dilaksanakan ngopi bareng yang diinisiasi oleh Kapolda Kalteng.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Lebih lanjut, Danrem 102/Pjg menyampaikan bahwa TNI tetap memegang teguh netralitas TNI dan apabila di lapangan ternyata ada anggota atau hal-hal yang kurang pas ataupun bertentangan dengan aturan sebagainya tolong ditembusi dan dilaporkan.

“Pada momen tadi saya sampaikan ke jajaran ada beberapa poin di antaranya. Pertama, konsistensi dan komitmen bahwa TNI tetap memegang teguh netralitas TNI. Saya sudah perintahkan beberapa kali kepada para Komandan Kodim (Dandim) dan jajaran untuk membuat posko Pemilu, termasuk juga membuat posko pengaduan, posko pengaduan yang tujuannya apabila ada prajurit kami yang mungkin terindikasi melakukan pelanggaran. Kalaupun ada terjadi pelanggaran, maka proses hukumnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk kekuatan TNI di wilayah Korem 102/Pjg akan menggelar menyesuaikan dengan potensi wilayah, baik itu potensi yang ada hambatan atau ancaman, sedangkan kekuatan di tiap-tiap TPS nanti sifatnya fleksibel.

“Saya juga tadi sampaikan kepada jajaran untuk selalu berkolaborasi dengan Forkopimda atau tokoh masyarakat untuk sama-sama mensukseskan sehingga penyelenggaraan Pemilu bisa berjalan aman, damai dan lancar,” imbuhnya. (asp)