KPU Kalteng Lakukan Pertemuan Bersama Lintas Sektoral

Whatsapp Image 2024 01 09 At 12.05.53 Am

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah () melaksanakan pertemuan dengan lintas sektoral dalam rangka menyampaikan bagaimana kesiapan Pemilu Serentak 2024, Senin (8/1/2024).

Kegiatan bertajuk “Ngopi” Ngobrol Pemilu Lintas Sektoral Kesiapan Pemilu 2024 ini dihadiri oleh Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto, Brigjen Iwan Rosandriyanto, mewakili Gubernur Kalteng, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi dan stakeholder terkait.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu Kabupaten/Kota, Kapolres Kabupaten/Kota, dan se-Kalimantan Tengah.

Ketua KPU Kalteng Sastriadi mengatakan, kegiatan ngobrol pemilu itu dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan salah satu tahapan Pemilu 2024, yaitu Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada hari Rabu 14 Februari 2024.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kami memaparkan kesiapan Pemilu 2024, yang sudah kami jalankan sejauh ini progres sorlip sortir dan lipat surat suara, kemudian juga tentang perencanaan, mitigasi masalah nanti dalam hal distribusi logistik,” ucapnya.

Terkait dengan sortir dan lipat surat suara, Sastriadi mengatakan, saat ini per Senin (8/1/2024) surat suara yang selesai disortir dan dilipat sebanyak 6.722.961 lembar.

“Perkembangan jumlah surat suara selesai sortir dan lipat (total provinsi) sebanyak 6.722.961 lembar atau 68 persen, dan target selesai sortir lipat pada Minggu ke 3 bulan Januari 2024,” sebutnya.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Irjen Pol Djoko Poerwanto menambahkan, bahwa pihaknya seluruh pasukan, baik di polda maupun di jajaran berkomitmen untuk menjaga keamanan agar Pemilu serentak berjalan dengan lancar di Kalteng.

“Sekarang saya tidak bisa sampaikan sekarang (terkait jumlah personel), tetapi jumlah personil itu tujuannya tercapai aman dan nyamannya Pemilu Damai 2024 dan kita akan update terus situasi yang ada di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Kapolda mengharapkan bantuan dari BMKG untuk memberikan input situasi untuk cuaca, nanti pada saat pelaksanaan Pemilu, karena cuaca akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pemilu nantinya.

“Jadi yang pasti kita bersama-sama untuk meng-update situasi Pemilu 2024 dengan tujuan Pemilu Damai 2024 bisa tercapai, yang terpenting adalah updating situasi lengkap,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Komandan /Panju Panjung, Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kalimantan Tengah tersebut.

“Tadi saya sampaikan ke jajaran ada beberapa poin di antaranya yang pertama konsistensi dan komitmen, bahwa TNI tetap memegang teguh netralitas TNI, dan yang kedua apabila di lapangan ternyata dilihat ada hal-hal yang kurang pas, ada hal-hal yang bertentangan dengan aturan dan sebagainya tolong di laporkan ke saya,” tegasnya.

Danrem menambahkan, bahwa dirinya sudah memerintahkan kepada Komandan Kodim (Dandim) se-Kalteng dan jajaran untuk membuat posko, termasuk juga membuat posko pengaduan.

“Saya juga tadi sampaikan kepada jajaran Dandim yang hadir untuk selalu berkolaborasi dengan Forkopimda untuk sama-sama mensukseskan Pemilu, sehingga penyelenggaraan Pemilu bisa berjalan aman, damai dan lancar,” pungkasnya. (asp)