Dinas TPHP Kalteng Lakukan Koordinasi Percepatan Program 2024

Whatsapp Image 2024 01 18 At 6.40.23 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dinas Tanaman , Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan prioritas tahun 2024.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dalam melaksanakan upaya tersebut, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Kepala Dinas Kabupaten/Kota secara daring melalui zoom meeting, Senin (15/1/2024).

Kepala Dinas Kalteng, Sunarti mengatakan, rakor ini bertujuan untuk berkoordinasi tentang Percepatan Program, baik program dan kegiatan prioritas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Tahun Anggaran 2024.

Ia menyampaikan, enam rancangan program kegiatan Dinas TPHP Tahun 2024, yaitu Program Penunjang Urusan Daerah, Program Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian, Program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian, Program Pengendalian Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Program Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian, serta Program Penyuluhan Pertanian, dengan total anggaran Rp214.108.787.317.

“Untuk kegiatan prioritas sumber APBD Provinsi Tahun Anggaran 2024 ada pada Bidang Tanaman Pangan, contohnya pembangunan Rice to Plant (RTP) dan Rice to Rice (RTR),” kata Sunarti.

Kemudian, tambahnya, untuk Bidang Tanaman Hortikultura contohnya pengembangan kampung sayuran. Lalu, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan contohnya pembangunan pabrik pakan tahap II.

“Selanjutnya untuk Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian contohnya pembangunan/rehab jaringan irigasi tersier,” pungkasnya. (asp)