Pasar Penyeimbang di Barut, Pemprov Serahkan 3000 Paket Sembako

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (), H. Edy Pratowo meninjau sekaligus membuka Pasar Penyeimbang/Pasar Murah di wilayah Kabupaten Barito Utara (), Kamis (1/2/2024).

Pemerintah Provinsi () Kalteng dibawah pimpinan Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. Edy Pratowo berkomitmen untuk secara konsisten fokus dalam penanganan di Kalteng.

Kunjungan di wilayah Kabupaten Barito Utara tersebut, merupakan rangkaian kunjungan kerja Wakil Gubernur beserta jajaran di DAS Barito yakni Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan.

Di Barito Utara, Wakil Gubernur membuka Pasar Penyeimbang pertama yang berlokasi di Kantor Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru. Pada pasar penyeimbang ini disediakan 1000 paket sembako.

Selain di Kantor Kelurahan Jingah tersebut, Pasar Penyeimbang juga digelar di Kantor Muara Teweh dengan menyediakan sebanyak 2000 paket sembako.

Dalam sambutannya, Wagub Kalteng menyampaikan kunjungannya saat ini bertujuan untuk menanggulangi inflasi. “Kami berharap dengan adanya kegiatan pasar penyeimbang bisa mengurangi beban yang diakibatkan pasca banjir,” ucapnya.

Wagub mengapresiasi Pemkab Barito Utara yang sudah bisa mengatasi dengan cepat dan sigap proses penanganan banjir sehingga masyarakat tidak ada mengalami masalah seperti meninggal dunia.

Lebih lanjut disampaikan, pasar penyeimbang ini sekaligus untuk melihat kondisi di lapangan seperti harga bahan pokok.

Kita tidak ingin adanya inflasi di pasar-pasar. Dengan adanya kondisi banjir, jangan-jangan harga pasokan bahan sembako mengalami kenaikan. Sehingga, intervensinya adalah melalui pasar penyeimbang supaya harga pokok tetap stabil,” imbuhnya.

Edy Pratowo berharap setelah pasca banjir masyarakat kembali pulih sediakala. Kedepannya diharapkan juga supaya masyarakat bisa mengantisipasi terhadap banjir.

Wagub juga meminta kepada Bupati Barito Utara agar segera menyelesaikan Bendungan Sungai Lahei untuk mengatasi banjir yang hampir terjadi setiap tahun.

Sementara itu, Pj. Bupati Barito Utara, Muhlis mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalteng khususnya Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. Edy Pratowo yang senantiasa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan agar bisa diberi bantuan.

Alhamdulillah sebagian besar masyarakat yang menerima bantuan merupakan masyarakat yang terdampak banjir beberapa waktu lalu dan Alhamdulillah mereka tetap sehat,” ungkapnya.

Paket sembako yang diberikan untuk dua titik lokasi yang dikunjungi Wakil Gubernur beserta jajaran senilai 200 ribu rupiah dan mendapatkan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 150 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 50 ribu rupiah saja untuk masyarakat.

Namun, Gubernur memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai Rp50.000 per paket, sehingga paket sembako ini gratis. Paket sembako pada Pasar Penyeimbang tersebut berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, 1 kaleng, teh 2 kotak, dan 2 bungkus. (asp)