Pemprov Kalteng Bangun Pabrik Ternak, Upaya Tekan Inflasi

BALANGANEWS, PALANGKA RAYABerdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (), terjadi di Kalimantan Tengah () sebesar 0,20 persen pada Januari 2024 secara m to m atau Januari 2024 terhadap Desember 2023.

Tingkat inflasi month to month (m-to-m) Provinsi Kalimantan Tengah bulan Januari 2024 sebesar 0,20 persen,” kata Kepala BPS Provinsi Kalteng, Eko Maroso di dalam konferensi persnya, Kamis (1/2/2024).

BPS Kalteng menyebutkan bahwa daging ayam ras menjadi komoditas utama yang menyumbang inflasi di Kalteng pada Januari 2024, dilanjutkan dengan tomat, ikan gabus, bawang merah dan juga ikan patin.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. mengatakan, naiknya harga daging ayam ras tersebut, karena disebabkan oleh pakan.

Jadi salah satu inflasi ayam itu karena pakan ternak lebih mahal dari pada ayamnya,” ujarnya yang turut hadir saat konferensi pers di Kantor BPS Kalteng, Palangka Raya.

Oleh sebab itu, kata Sekda, untuk mengurangi kenaikan harga, dan juga mengurangi inflasi, Kalteng membangun pabrik pakan ternak di Parenggean-Tumbang Sangai Km. 9, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timu ().

Maka pak membangun pabrik pakan dalam upaya untuk menekan inflasi,” ucapnya.

Saat meninjau pembangunan pabrik pakan tersebut beberapa waktu lalu, Nuryakin menyampaikan kehadiran pabrik pakan di Kalteng diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha unggas mandiri, dan menarik minat investasi dalam pengembangan usaha peternakan lainnya.

Selain itu, menyediakan pakan ternak yang berkualitas dan terjangkau, sekaligus menjawab keraguan dari pihak perusahaan pakan bahwa Kalteng mampu menyediakan bahan baku pakan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Sehingga ke depannya dapat mendorong investasi usaha peternakan yang lebih luas,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Haparan, Kecamatan Parenggean ini mempunyai kapasitas produksi 10 ton/jam atau 80 ton/hari, yang memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia dan ikan. (asp)