Sekda Kalteng Respon Soal Kejadian Banjir di Beberapa Wilayah

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin

, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (), H. merespon soal yang terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan Tengah.

“Jadi Pak sudah meminta kita untuk merapatkan terkait banjir. Kita juga sudah memanggil Bulog, BPBPK dan Dinas untuk bisa membantu masyarakat,” ucapnya, Kamis (14/3/2024).

Sekda membeberkan, bahwa pemerintah provinsi (Pemprov) mempunyai tugas di sektor lintas. Sehingga pihaknya bisa membantu jika ada permintaan dan penetapan status tanggap darurat.

“Tadi juga pemerintah Kota Palangka Raya sudah menetapkan status, dan minimal ada dua wilayah yang menetapkan status tanggap darurat baru kita bisa menaikan status. Tetapi tetap kita pantau dan bantu,” jelasnya.

Sekda menegaskan, saat ini yang menjadi kebutuhan dasar di lokasi banjir yakni masalah . Untuk itu, pihaknya terus juga berkoordinasi dengan puskesmas, dinas kesehatan kabupaten/kota dan dinas kesehatan provinsi.

“Yang jelas kesehatan masih kebutuhan dasarlah, kalau banjir ini penyakit penyakit dasar, yang menimpa masyarakat kita itu dipantau juga, poskonya dipantau, tentu berkoordinasi antara puskesmas, dinas kesehatan kota, ke dinas kesehatan provinsi,” tandasnya. (asp)