Hari Ini, Sebagian Besar Wilayah Kalteng Berpotensi Hujan

BALANGANEWS, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya menyampaikan peringatan dini di provinsi Kalimantan Tengah.

Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Ika mengatakan, ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di Kalimantan Tengah.

“Hari ini 17 Maret 2024, , Gunung Mas, , , Barito Timur, Barito Selatan, , Kapuas dan Kota Palangka Raya,” katanya, Minggu (17/3/2024).

Dengan adanya beberapa kabupaten/kota tersebut yang berpotensi hujan sedang hingga lebat, maka diperkirakan sejumlah wilayah akan diguyur hujan pada hari Minggu (17/3/2024) ini.

Sementara untuk besok lusa atau Senin 18 Maret 2024, ada beberapa wilayah yang masih berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

“Lusa 18 Maret 2023, Kabupaten Murung Raya, dan Barito Utara,” sambung Ika.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat serta hujan lokal dengan durasi singkat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang ataupun angin puting beliung di wilayah Kalimantan Tengah.

Serta, berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor, dan .

“Masyarakat juga dihimbau untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan seperti membersihkan drainase/saluran air dan memangkas pohon pohon tinggi dan dahan yang mudah patah, juga melaporkan dan mengikuti instruksi pemerintah setempat jika terjadi bencana, dan meng-update selalu informasi prakiraan cuaca yg dapat dilihat melalui aplikasi info BMKG,” tandasnya. (asp)