Program Spesial Ramadhan, WBP Rutan Palangka Raya Buka Bersama Keluarga

Kepala Rutan Palangka Raya, Bambang Widianto ketika bercengkerama dengan keluarga dan WBP yang datang untuk berbuka puasa.

, – Terobosan baru dilakukan Palangka Raya dengan merubah jam besuk bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Program baru ini dilakukan setiap satu minggu sekali di bulan dengan menerapkan buka bersama dengan .

Di momen ramadhan kali ini, WBP berkesempatan berbuka bersama dengan sanak keluarga sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kepala , Bambang Widianto melalui Kepala Pengamanan Rutan, Alif, menjelaskan jika program tersebut hanya berlangsung seminggu sekali dalam ramadhan.

Mekanismenya, jatah besukan sore sekaligus buka puasa bersama keluarga digilir per blok hunian. Besukan dibuka sejak pukul 16.30-18.00 WIB.

“Jadi keluarga yang datang hanya bisa membawa barang makanan masakan dari rumah,” katanya, Kamis (21/3/2024).

Makanan yang dibawa akan disortir dan diperiksa oleh petugas saat pembesuk melakukan pendaftaran di pintu depan Rutan.

WBP yang akan menerima besukan menerima keluarganya di lokasi yang telah ditentukan, yakni aula serbaguna Rutan Palangka Raya.

“Kita jadwalkan per blok hunian agar memudahkan proses pengamanan. Untuk jadwal perdana ini dimulai dari blok E,” katanya.

Ia menyebutkan, program baru ini dilakukan agar ramadhan penuh makna dan berkah dapat turut dirasakan WBP bersama keluarga.

“Program ini tidak terbatas hanya untuk WBP yang muslim, karena tentunya setiap blok hunian diisi WBP dengan berbagai kepercayaan. Kita hanya ingin WBP merasakan kehangatan ramadhan dengan berbuka puasa bersama keluarga tercinta,” tuturnya. (yud)