Perlu Peran Bersama Agar Remaja Tidak Lakukan Aksi Balap Liar

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo

, Aksi , yang kerap terjadi di kota Palangka Raya, dan sering kali melibatkan remaja atau anak sekolah mendapat sorotan Anggota Komisi C Kota Palangka Raya, .

“Kota Palangka Raya kan punya sirkuit Sabaru, jadi kalau adik-adik yang mempunyai bakat dalam balap bisa mendaftarkan diri ikut turnamen atau lomba motor lainnya,” ucapnya, Rabu (17/1/2024).

Kalau punya hobi itu disalurkan di tempat yang tepat, bukan malah melakukan aksi balap- di jalan justru itu bisa membahayakan para pengguna jalan dan diri sendiri, lebih baik kalau punya bakat daftarkan ketika ada event balap motor.

“Jadi saya mengajak kalau memang punya bakat ayo daftarkan diri di tempat yang tepat, pastinya aman tanpa menganggu arus ,” tambahnya.

Dengan menyalurkan hobi di tempat yang tepat, yang awalnya tidak membanggakan orang tua, menjadi hobi yang berprestasi membanggakan orang tua, membawa nama daerah.

“Inti itu hal yang mampu mengedukasi, selain itu juga pihak kepolisian, tolong ditindak tegas, kalau ada yang melakukan aksi balap liar karena hal ini sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang lain,” lanjutnya.

Selain itu juga, pihak sekolah dan orang tua sangat berperan dalam mengingatkan anaknya untuk mengingatkan, agar berperilaku yang baik, kemudian juga menjadi salah satu pengaruh dalam segi pergaulan, karena kalau anak baik di rumah dan di sekolah, tapi ketika keluar dari sekolah lalu bergaul dengan orang anak-anak yang hobi balap, mau tidak mau bisa mempengaruhi.

“Jadi pemahaman tentang bahaya balap liar, pemahaman tentang edukasi tentang mana yang benar dan mana yang salah tetap harus ditanamkan kepada anak,” ungkapnya. (udi)