Bapenda Diminta Menggelar Sosialisasi Target Rp 117 Miliar

74740809 ab5d 476d ac12 1f73cc37001d
Rudi Hartono

BALANGANEWS, KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono minta kepada Badan Pendapatan Daerah () Kabupaten Katingan agar menggelar sosialisasi untuk mengejar target Rp 117 miliar pada tahun 2024 ini. Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu (17/1/2024).

Maksudnya, menurut Rudi sosialisasi Perda dan retribusi bisa dengan cara lisan atau Bapenda langsung datang ke rumah atau ke tempat obyek pelaku usaha door to door, dengan cara mengundang masing-masing pelaku usaha ke salah satu aula atau gedung.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Kemudian, diberikan pemahaman tentang manfaat dan retribusi yang dibayar oleh pelaku usaha,” kata Rudi, seraya menambahkan cara lainnya, yakni melalui media, baik media sosial maupun media konvensional yang ditujukan kepada masyarakat, utamanya kepada pelaku usaha, dari yang kecil hingga terbesar.

Pada dasarnya, pelaku usaha menurutnya, harus diberitahu tentang sumber pendapatan negara, seperti pajak yang berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara. Pajak digunakan untuk menjalankan tugas-tugas rutin negara dan melaksanakan pembangunan.

“Contoh fungsi pajak ini adalah menyediakan fasilitas kesehatan, , dan pelayanan publik lainnya,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan III ini.

Selain itu, lanjutnya, Bapenda setempat bisa pula dengan menggelar acara hiburan di salah satu tempat. Dan di dalam acara tersebut bukan hanya sekadar menampilkan artis saja, tapi diselingi pula dengan sosialisasi manfaat dari pajak dan retribusi yang dibayar oleh masyarakat atau pelaku usaha.

“Pasalnya, semua pajak dan retribusi yang dibayar oleh masyarakat selama ini hasilnya sebenarnya digunakan untuk pembangunan daerah,” terang legislator Partai ini, seraya menyebutkan beberapa contohnya, diantaranya pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan, kebersihan , Penerangan Jalan Umum (PJU) dan lain sebagainya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan dalam paripurnanya beberapa waktu lalu telah mentargetkan Pendapatan Asli Daerah () Pemkab Katingan untuk tahun 2024 ini sekitar Rp 117 miliar.

Berarti naik sebesar Rp 5 miliar dari tahun 2023 yang lalu. Pasalnya, target PAD di tahun 2023 yang lalu hanya sekitar Rp 112 miliar. (abu)