Dewan Minta Tiap Daerah Tingkatkan Kewaspadaan Sejak Dini Terhadap Karhutla

Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Siswandi

, PALANGKA RAYA – Anggota Kalimantan Tengah (), Siswandi, mendesak setiap daerah di Kalteng, baik kabupaten maupun kota, untuk meningkatkan kewaspadaan sejak dini terhadap potensi hutan dan lahan ().

Meskipun saat ini masih musim hujan di wilayah Kalteng, Siswandi menyatakan, bahwa cuaca panas beberapa hari terakhir meningkatkan risiko terjadinya Karhutla di titik-titik rawan.

“Peningkatan kewaspadaan terhadap Karhutla perlu dilakukan sejak dini untuk mencegah penyebarannya. Pemerintah daerah dan instansi terkait harus memperhatikan hal ini,” katanya, Jumat (17/5/2024).

Politisi ini menekankan, perlunya patroli rutin oleh instansi terkait untuk memantau titik-titik rawan yang rentan terhadap Karhutla.

“Setiap daerah memiliki titik-titik rawan Karhutla yang perlu dipantau dan dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai untuk mengantisipasi dan menangani kebakaran,” tambahnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk terus menyosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat serta mengimbau agar tidak membakar lahan secara sengaja atau sembarangan.

“Kita berharap agar kejadian Karhutla di Kalteng dapat diminimalisir, karena dampak yang dihasilkan sangat berbahaya bagi ,” demikian Siswandi. (asp)