Wagub Hadiri Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2024

, PALANGKA RAYA – Wakil (Wagub) Kalimantan Tengah (), menghadiri peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2024, di Kalawa Convention Centre, Palangka Raya, Jumat (17/5/2024).

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan, tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau tahun 2024 telah dimulai, dan pemungutan suara akan serentak dilaksanakan tanggal 27 November 2024 di seluruh Indonesia.

Dia menambahkan, di Kalteng terdapat 15 Pemilihan Kepala Daerah, yaitu 1 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 13 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan 1 Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Pilkada Serentak Tahun 2024 ini merupakan sejarah baru di Indonesia, karena baru kali ini dilaksanakan langsung secara serentak di seluruh wilayah di penjuru tanah air,” ucap Edy Pratowo.

Momentum Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kali ini, sambungnya, merupakan langkah awal dimulainya Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan di Kalimantan Tengah oleh KPU Provinsi.

“Perlu kita sadari bahwa, suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu selaku pengawas, dan aparat keamanan -POLRI, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, seluruh elemen bangsa,” jelasnya.

Wagub menuturkan, atas nama Pemerintah Provinsi () mengimbau seluruh masyarakat, yang sudah berusia 17 tahun atau sudah/pernah menikah, agar pada 27 November 2024 nanti berbondong-bondong ke TPS, untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing, dan juga pastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Mari kita sukseskan bersama-sama Pilkada Serentak 2024, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak suara, mewaspadai berita , black campaign, money politic, isu SARA, dan intimidasi, serta terus menjaga situasi kamtibmas,” tandasnya. (asp)