Panitia Tinjau Sirkuit SG 1973 Jelang Pelaksanaan UCI MTB 2024 di Palangka Raya

, – Direktorat Pengamanan Objek Vital atau Ditpamobvit Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), bersama dengan pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng meninjau Sirkuit SG 1973, Palangka Raya, Jum'at (17/5/2024).

Peninjauan ini dilaksanakan sebagai bagian dari persiapan akhir sebelum digelarnya kejuaraan dunia UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup seri ke-3 dari 8 seri di Palangka Raya, Indonesia pada Minggu (19/5/2024).

Direktur Ditpamobvit , Kombes Pol Elijas menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan risk assessment atau penilaian risiko bahaya ke sirkuit SG 1973, yang menjadi tempat pergelaran lomba balap sepeda tersebut.

“Pada hari ini kita telah melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan yang ada di sirkuit ini,” ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Elijas menuturkan, titik rawan yang dimaksud adalah menyangkut dengan tingkat kesulitan trek di sirkuit. Sehingga pada pelaksanaannya nanti, akan disiagakan sekitar 11 unit mobil ambulans.

Selain itu, tambahnya, juga disediakan nantinya medical center yang berada dekat dengan sirkuit. Harapannya setelah pengecekan tersebut, pada hari pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Ketua Harian , Rahmat Nasution menambahkan, finalisasi atau persiapan akhir pelaksanakan Eliminator sudah mulai dilakukan.

“Untuk jumlah peserta yang sudah terdata ada sekitar 47 pembalap dari berbagai negara yang sudah hadir, kita tentunya masih menunggu kedatangan peserta lainnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Rahmat, sejumlah catatan saat pelaksanaan Risk assessment juga telah mereka tindaklanjuti, agar semua persiapan dapat disempurnakan sehingga pelaksanaan kegiatan pada hari H dapat berjalan lancar.

Rahmat mengajak segenap warga masyarakat Kalimantan Tengah untuk dapat menyaksikan event tersebut. Karena masyarakat dapat menyaksikan dengan gratis.

“Ayo masyarakat Kalimantan Tengah datang dan saksikan , karena event ini gratis untuk masyarakat. Kami juga mengimbau agar masyarakat yang hadir dapat tertib, dan mengikuti arahan panitia,” tandasnya. (asp)