Dance Sport Kalteng Terus Tingkatkan Latihan Hadapi PON Aceh-Sumut

BALANGANEWS, – Atlet dance sport Kalimantan Tengah (Kalteng) yang lolos pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara saat ini tengah melakukan pemusatan latihan provinsi (Pelatprov).

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia () Kalimantan Tengah (Kalteng), dr Mikko U. Ludje mengatakan, bahwa atlet melaksanakan Pelatprov di wilayah Palangka Raya dan juga Jakarta.

“Kami melaksanakan Pelatprov di Palangka Raya dan Jakarta, dengan mengikuti sebanyak delapan nomor cabor nantinya pada PON, dengan menurunkan 12 atlet, diantaranya empat nomor di kelas Ball Room, satu nomor di Breaking Girl, satu nomor Breaking Man, satu nomor Traditional Dance, satu nomor Hip Hop,” ucapnya, Jumat (24/5/2024).

Dia menuturkan, sejak mengikuti babak kualifikasi dengan meraih hasil perak beberapa nomor, pihaknya optimis dapat memberikan medali untuk cabor Dance Sport.

“IODI Kalteng juga terus meningkatkan latihan pada Pelatprov, baik gemistri, mental dan dibawah pemantauan pelatih dan tim satgas. Kami juga berupaya meningkatkan kualitas latihan dengan mengikuti kejuaraan di Jakarta atau di Bali nantinya,” ujar dr. Mikko.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () yang telah memberikan dukungan dalam menjalankan program Pelatprov melalui .

“Terimakasih Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, dan juga kepada pengurus KONI Kalteng. Mohon doanya kepada masyarakat Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dokter spesialis kandungan dan anak yang dikenal di Kalteng ini juga menjelaskan, para atletnya pagi dan sore bahkan malam melakukan porsi latihan untuk meningkatkan mental dan gemistri hingga menjelang PON nantinya.

“Tentu konsentrasi kami dengan atlet ini untuk meningkatkan performa mereka, mental dan gemistri. Upaya yang terus kami lakukan akan kami sampaikan dan dipantau oleh pihak Satgas Pelatprov. Semoga ini menjadi lebih baik di PON Aceh Sumut nantinya,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Satuan tugas (Satgas) Pelatprov KONI Kalteng, Agustan Saining menyampaikan, pihaknya terus melakukan pemantauan baik secara langsung ataupun dilakukan tim ke seluruh cabor yang melakukan pemusatan latihan.

Hal itu, tambah Agustan, guna melakukan penanganan, pengawasan dan evaluasi berbagai kendala dan kekurangan yang ada saat pemusatan latihan, untuk dilakukan perbaikan secara bertahap.

“Mohon doanya kepada masyarakat Kalteng agar program yang dijalankan atlet Kalteng terus meningkat, sehingga dapat maksimal dalam menghadapi /2024 Aceh Sumut,” imbuhnya. (asp)