Kebakaran Mendawai Disebabkan Lalai Saat Memasak

Tim investigasi Damkar ketika melakukan pemeriksaan di lokasi kebakaran.

, di Jalan Gang Mandiri yang menghanguskan satu rumah dan barak lima pintu pada Selasa (28/5/2024) kemarin ternyata disebabkan kelalaian saat memasak.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Palangka Raya, Gloriana Aden, melalui Kepala Seksi Investigasi Kebakaran, Setni Kristianti.

“Penyebab terjadinya kebakaran tersebut adalah kelalaian saat memasak, dimana alat masak ditinggalkan dalam keadaan menyala dan pemiliknya sepertinya lupa untuk mematikannya sebelum meninggalkan rumah,” ucapnya, Rabu (29/5/2024).

Ia mengatakan kebakaran dipicu ledakan tabung gas yang masih dalam keadaan menyala ketika penghuni barak meninggalkan tempat tinggalnya.

“Hal seperti ini sebenarnya sering terjadi. Kebakaran dapat dicegah dengan tindakan preventif sederhana,” tuturnya.

Atas kejadian tersebut ia pun mengimbau kepada masyarakat akan pentingnya kesadaran dan kehati-hatian dalam melakukan kegiatan dan menggunakan peralatan memasak di rumah.

Pastikan kompor selalu dalam keadaan mati setelah memasak atau hendak meninggalkan kediaman.

“Kelalaian ini sangat membahayakan, baik bagi diri pribadi maupun orang lain. Untuk itu selalu pastikan api kompor dalam keadaan mati jika selesai beraktivitas,” pesannya. (yud)