Atlet Biliar Lakukan Pelatprov, Fokuskan Drill dan Mental Hadapi PON

, – Atlet Biliar Kalimantan Tengah () saat ini tengah melakukan Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) yang digelar oleh Komite Nasional Indonesia (KONI) Kalteng.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kalteng yang juga pelatih Biliar Kalteng, Agus Setiawan mengatakan, saat ini atlet difokuskan latihan drill, mental hingga sparing partner pada Pelatprov yang dilaksanakan di Palangka Raya.

“Kegiatan Pelatprov dilaksanakan di Palangka Raya, di Billbozz Biliard, sembari dilakukan pengawasan dan pemantauan oleh KONI Kalteng dan tim satgas,” kata Agus Setiawan, Rabu (29/5/2024).

Dia menyampaikan, pemusatan latihan cabor biliar sampai saat ini berjalan lancar. Agus menjelaskan, pihaknya sejak awal tahun suda melaksanakan pelatihan mandiri yang kemudian dilanjutkan dengan Pelatprov secara resmi dari KONI Kalteng.

“Atlet cabor Biliar saat ini melaksanakan latihan rutin yakni Drill, guna meningkatkan akurasi pukulan, kemudian latihan bersama sparring partner untuk mengasah mental bertanding. Sesekali melakukan latihan fisik untuk menjaga kebugaran atlet. Rencana juga kami akan melaksanakan uji coba tanding keluar daerah,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk PON Aceh Sumut sendiri, akan mengikuti dua nomor putra yakni bola 10 dan bola. Hal ini menjadi fokus acuan dalam latihan guna menambah kesiapan dan mengasah mental bermain.

“Saingan terberat tentu saja dari Jakarta, Jabar dan tuan rumah. Namun melihat hasil pada babak kualifikasi , kami optimis dapat meraih hasil prestasi. Mohon doanya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelatprov KONI Kalteng, Agustan Saining mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan baik secara langsung dengan menyebarkan tim pemantau ke seluruh cabor dalam latihan hingga melalui informasi WA Grup.

Kegiatan itu lanjut Agustan, guna melakukan penanganan, pengawasan dan evaluasi berbagai kendala dan kekurangan yang ada untuk dilakukan perbaikan secara bertahap.

“Mohon doanya kepada Masyarakat Kalteng program yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, sehingga tampil maksimal pada PON. Kami terus melakukan monitoring kepada cabor cabor yang melakukan Pelatprov, hingga yang digunakan juga terencana dan tepat,” katanya.

Terpisah, Ketua KONI Kalteng, menjelaskan dalam kegiatan penganggaran, KONI Kalteng terus melakukan evaluasi dan pemantauan sehingga program yang dijalankan oleh cabor dapat terealisasi dan tepat.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya terbuka dan terus memberikan masukan kepada Satgas dan cabor dalam upaya menjalankan Pelatprov hingga PON nantinya.

“Kami juga mohon doa kepada masyarakat untuk dapat menambah semangat para atlet dapat Pelatprov hingga berlaga di PON. Terimakasih Pemprov Kalteng yang terus memantau dan mendukung olahraga melalui KONI Kalteng,” pungkasnya. (asp)