Uji Kemampuan, Atlet Putri Takraw Kalteng Jajal Atlet Putri Bali, Jatim dan Jogja

BALANGANEWS, – Atlet putri cabang takraw Kalimantan Tengah (), yang lolos tiket Pekan Olahraga () XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara akan menjajal atlet-atlet putri PON di tiga Provinsi yakni Bali, Jawa Timur (Jatim) dan Yogyakarta.

Penjajalan tersebut dilakukan untuk uji kemampuan dengan tiga Provinsi yang juga peserta atau lolos PON 2024 nantinya.

“Rencananya pertengahan Juli-Agustus akan berkunjung sekaligus uji kemampuan dengan petakraw putri sama-sama lolos PON,” kata pelatih takraw senior Kalteng, Muhammad Ahmadi, Rabu (5/6/2024).

Dia menyebutkan alasan tim takraw putri menuju tiga Provinsi Bali, Jatim dan Yogyakarta tersebut, selain teman dekat juga merupakan Provinsi cabang takraw kategori putri yang kuat di Indonesia.

Sementara terkait dengan pemusatan latihan provinsi (Pelatprov), bahwa selama pemusatan yang dilakukan di Palangka Raya atlet takraw Salsabila Adistry, Elsa Widiya dan Sophia (atlet sparing) diawasi pelatih takraw putra Hertanto berjalan lancar.

Memasuki dua bulan Pelatprov, jelas Ahmadi cabang takraw putri sudah memasuki program fisik umum dan teknik dasar kontrol , serta umpan smash dan service.

Ahmadi yang juga menjabat sekretaris umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kalteng ini menegaskan, organisasi takraw akan berkerja keras meningkatkan kemampuan atlet putri lolos PON diatas rata-rata.

Terlebih, sambungnya, cabang ini akan bertanding nomor double putri yang mengharuskan perpaduan kekompakan dua pemain putri di lapangan.

“Keduanya atlet bertanding di lapangan harus padu, tidak boleh melakukan kesalahan karena berakibat poin bagi lawan,” kata Ahmadi.

Ditambahkan pelatih Hertanto, bahwa program pemusatan latihan sudah dirancang. Dan sekarang sudah masuk ke fisik dengan teknik. Sebagai bahan melihat kemampuan tim putri maka sementara sparing masih dengan yang putra .

“Atlet putri sparing sama atlet putri senior juga atlet putra agar terbiasa menerima servis keras, smash,” kata Hertanto.

Dalam pemusatan latihan di Palangka Raya, atlet-atlet selain latihan di asrama Pemusatan dan Latihan Pelajar (PPLP) di RTA MIlono, juga latihan di lapangan terbuka komplek Sanaman Mantikei Jalan Ahmad Yani, Palangka Raya. (asp)